Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi Yang Berkhasiat Dan Menyehatkan

buah yang mengandung asam folat
Asam folat merupakan salah satu vitamin yang ada dalam vitamin B kompleks. Zat penting yang memiliki nama lain B9 ini memiliki peranan penting untuk menyehatkan sistem saraf, dan membantu mengolah karbohidrat dan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Asam folat paling banyak dibutuhkan, terutama oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Kandungan asam folat dapat mencegah cacat lahir, saraf tulang belakang, dan tulang belakang.

Asam folat banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, daging, serta biji-bijian. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi sangat baik bagi kesehatan agar terhindar dari risiko penyakit serius yang diakibatkan oleh kekurangan zat asam folat. Beberapa penyakit yang bisa muncul akibat kekurangan zat asam folat yaitu risiko terkena anemia, gagal ginjal, penyakit hati, dan penyakit jantung.

Inilah Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup, maka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut, salah satunya dari buah-buahan. Ada banyak buah yang mengandung asam folat tinggi yang bisa dikonsumsi, di antaranya yaitu:

1. Tomat

Tomat memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Di dalam tomat terdapat kandungan karbohidrat, antioksidan, serat, vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Tomat dapat dinikmati secara langsung, dijadikan campuran sayuran, serta dijus.

Asam folat yang ada dalam buah tomat memiliki manfaat untuk menekan risiko cacat lahir pada janin serta membantu dalam proses pembentukan syaraf tulang belakang dan otak janin. Sementara bagi orang biasa, asam folat pada tomat dapat mencegah risiko terkena depresi dan insomnia akibat adanya gangguan homosistein.

2. Anggur

buah yang mengandung asam folat yaitu anggur

Tidak hanya memiliki kandungan kaya antioksidan, buah anggur juga memiliki kandungan asam folat yang baik jika dikonsumsi. Nutrisi penting pada anggur sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung asam folat. Kandungan asam folat ini dapat mencegah risiko terjadinya cacat lahir dan membantu pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Secara umum, anggur sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan karena mengandung vitamin C sehingga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat juga berfungsi sebagai penambah stamina tubuh sehingga baik dikonsumsi bagi yang memiliki aktivitas harian yang sibuk.

3. Mangga

Mangga memiliki kandungan serat tinggi dan juga vitamin C yang baik bagi sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan kaya asam folat, yaitu sekitar 36% dari Angka Kecukupan Gizi harian (AKG). Mengkonsumsi mangga setiap harinya dapat mencegah risiko kekurangan asam folat yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

4. Buah Bit

Buah yang memiliki bentuk seperti bawang dan warna seperti ubi ungu ini memiliki kandungan asam folat yang sangat baik dikonsumsi. Buah bit mengandung banyak zat besi, kalium, vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, serat, dan asam folat. Buah bit bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau dijadikan salad.

Kandungan kaya nutrisi dalam buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan trimester pertama karena dapat membantu pembentukkan sistem saraf dan mencegah kecacatan pada janin. Selain itu, asam folat juga dapat menguatkan tulang sehingga tidak mudah merasa lelah saat dalam masa kehamilan.

5. Buah Persik

buah yang mengandung asam folat yaitu buah persik

Di dalam buah persik, banyak terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, di antaranya yaitu zat mangan, kalsium, magnesium, seng, belerang, zat besi, vitamin A, vitamin B1, B2, B9 (asam folat), dan vitamin C. Kandungan B9 dalam buah persik sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan.

Manfaat yang bisa diperoleh yaitu mencegah kelainan saraf dan tulang belakang pada janin atau penyakit spinabifida. Pada masa kehamilan trimester pertama, buah persik juga dapat membantu mengurangi rasa mual. Sementara untuk orang biasa, buah persik dapat memaksimalkan fungsi ginjal, memelihara kesehatan jantung, dan mencegah risiko terkena penyakit hati. Secara keseluruhan, buah persik sangat baik untuk kesehatan karena dapat menjaga sistem imun tubuh.

6. Jeruk

Buah jeruk dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan kandungan asamfolat yang baik bagi tubuh. Manfaat asam folat dalam buah jerk yaitu membantu pembentukkan sel-sel syaraf otak pada janin serta memaksimalkan fungsi otak dan memori. Selain itu, buah jeruk juga memiliki kalori yang rendah sehingga biasanya dijadikan salah satu menu dalam program diet.

7. Alpukat

buah yang mengandung asam folat yaitu alpukat

Buah yang mengandung asam folat berikutnya adalah alpukat. Buah yang umumnya diolah menjadi jus ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya adalah potassium, folate, vitamin A, vitamin C, viamin E, vitamin K, vitamin B5, dan asam folat. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral penting seperti tiamin, riboflavin, niacin, fosfor, seng, mangan, dan zat besi.

Kandungan asam folat dalam buah alpukat membawa manfaat penting seperti mencegah risiko terkena penyakit jantung, mengatur kadar homosistein dalam darah, dan mencegah terkena penyakit anemia. Kandungan tinggi kalsium dalam alpukat juga baik untuk pertumbuhan dan pembentukkan tulang.

8. Melon

Buah melon memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam melon di antaranya yaitu potassium, serat, beta karoten, vitamin B3, B5, B6, dan tiamin. Di dalam buah melon juga terdapat kandungan antioksidan yang baik bagi pembentukan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Sementara itu, kandungan asam folat dalam melon juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama. Kandungan asam folat ini dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil karena dapat membantu pembentukkan sel darah merah. Selain itu, juga dapat mencegah risiko cacat lahir pada janin, seperti cacat syaraf dan tulang belakang.

9. Pisang

Pisang dipercaya memiliki kandungan kaya gizi yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam buah pisang yaitu potassium, sodium, serat larut, mangan, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan asam folat. Pisang sering dijadikan makanan pengganti nasi dalam program diet karena kandungan rendah lemaknya. Pisang merupakan makanan yang mengandung asam folat paling favorit semua orang.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan di antaranya yaitu untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih, mencegah risiko penyakit syaraf pada janin, mengatasi rasa mual selama masa kehamilan, dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

10. Stroberi

buah yang mengandung asam folat yaitu strowberry

Buah stroberi memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik jika dikonsumsi. Kandungan nutrisi tersebut antara lain adalah karbohidrat, serat, protein, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, selenium, potassium, vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Kandungan nutrisi ini dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan hipertensi.

Sementara itu, asam folat yang terkandung di dalam buat stroberi memiliki banyak manfaat, di antaranya mencegah cacat syaraf dan tulang belakang pada janin, meningkatkan produksi sel darah merah, gangguan penyakit pembuluh darah dan tulang.

11. Pepaya

Buah tropis ini merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya yaitu asam folat, kalium, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Manfaat kandungan asam folat dalam pepaya yaitu mencegah terkena kanker usus atau gangguan penyakit pada usus besar.

Bagi ibu hamil, asam folat dalam buah pepaya dapat mencegah risiko cacat syaraf dan tulang belakang pada janin. Sementara itu, pepaya juga baik dikonsumsi saat dalam masa haid karena dapat meredakan nyeri haid, mencegah terjadinya anemia, dan menambah produksi sel darah merah.

Itulah tadi beberapa daftar buah yang mengandung asam folat tinggi. Mengkonsumsi buah-buahan kaya asam folat dapat mencegah risiko terkena penyakit serius. Imbangi konsumsi asam folat dengan olahraga yang teratur dan konsumsi air putih yang cukup. Selain itu, dapat diimbangi juga dengan tidur yang cukup dan menghindari stress agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.