Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Agar Ketiak Tidak Basah Dan Berbau Dengan Bahan Alami

cara agar ketiak tidak basah
Beraktifitas terlalu berat atau berada di cuaca yang panas, seringkali menimbulkan masalah ketiak basah bagi beberapa orang. Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, ketiak basah juga menjadi penyebab utama munculnya bau badan. Bila sudah seperti ini, biasanya anda akan memanfaatkan deodorant atau parfum untuk mengatasi rasa kurang percaya diri yang disebabkan ketiak basah. Namun, langkah ini ternyata tidak mampu mengatasi ketiak basah secara permanen. Menggunakan deodorant malah seringkali meninggalkan noda di baju serta tidak efektif menghilangkan bau keringat.

Inilah Cara Agar Ketiak Tidak Basah

Agar ketiak sehat bisa dilakukan dengan metode tradisional. Metode tradisional yang dimaksudkan disini adalah memanfaatkan berbagai bahan alami untuk menjaga kadar keringat berlebihan tidak lagi mengganggu aktifitas anda sehari-hari. Bagaimana cara agar ketiak tidak basah yang disarankan dengan metode alami ini? Silahkan simak artikel berikut ini ya!

1. Mentimun

cara agar ketiak tidak basah dengan mentimun

Mentimun mengandung senyawa aktif yang bermanfaat untuk menghilangkan produksi keringat berlebihan. Anda bisa menggunakan parutan mentimun sebagai masker pada bagian ketiak atau cukup dengan mengambil getah mentimun untuk dioleskan pada ketiak. Diamkan masker atau getah mentimun ini selama 20 menit dalam kondisi ketiak yang terbuka, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

2. Backing Soda

Backing soda bukan hanya bermanfaat saat anda membuat kue. Bahan yang satu ini bisa efektif menghilangkan bau keringat sekaligus mengurangi produksi keringat berlebihan di ketiak anda. Campurkan backing soda sebanyak satu sendok makan dengan sedikit bagian air. Ratakan campuran tersebut hingga terbentuk seperti pasta dan oleskan pada bagian ketiak yang basah. Diamkan selama 20 menit saja, setelahnya bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Gel Lidah Buaya

Cara menghilangkan ketiak basah selanjutnya adalah dengan memakai gel lidah buaya. Lidah buaya kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menyegarkan kulit dan menghilangkan kuman penyebab bau badan serta keringat yang berlebihan. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak yang telah bersih dan kering. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas ketiak menggunakan air hingga bersih.

4. Cuka Putih

Mengoleskan beberapa tetes cuka putih pada bagian ketiak anda juga bisa menjadi cara agar ketiak tidak basah. Cuka mampu menetralisir bau pada keringat dan mengurangi produksi keringat yang berlebihan. Cuka mengatur tingkat keasaman yang ada pada bagian ketiak sehingga produksi keringat di area tersebut akan berkurang perlahan. Diamkan ketiak yang telah diolesi cuka selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

5. Lemon

cara agar ketiak tidak basah dengan lemon

Lemon merupakan buah yang banyak manfaatnya termasuk sebagai penghilang keringat berlebihan serta bau badan tidak sedap. Untuk mengatasi ketiak yang basah dan bau badan, sediakan satu butir lemon segar dan belah menjadi dua. Oleskan bagian dalam buah lemon pada kulit ketiak yang telah bersih untuk mengangkat sel kulit mati di area tersebut sekaligus menghilangkan kuman. Bilas setelah ketiak dibiarkan selama 30 menit.

6. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi ketiak yang basah. Sediakan dua lembar kapas steril dan teteskan beberapa bagian cuka apel pada kapas tersebut. Bersihkan ketiak terlebih dulu, lalu letakkan kapas yang sudah ditetesi cuka apel pada bagian ketiak dan biarkan selama 20 menit dalam kondisi ketiak tertutup. Bilas menggunakan air hingga bersih dan rasakan manfaatnya.

7. Kelola Stres

Produksi ketiak yang berlebihan juga dipengaruhi oleh tingkat stres seseorang yang meningkat. Oleh karena itu, untuk mengatasi ketiak yang basah dan berlebihan sebaiknya anda coba untuk mengelola stres dalam diri anda. Bisa dengan melakukan yoga atau meditasi dalam beberapa waktu agar produksi hormon serta keringat bisa normal kembali.

8. Kopi

cara agar ketiak tidak basah dengan kopi

Bubuk kopi merupakan salah satu bahan yang bisa anda gunakan sebagai penghilang bau tidak sedap dan mengurangi keringat berlebihan. Campurkan satu sendok makan bubuk kopi hitam dengan air hangat dan pakailah sebagai masker di area ketiak yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan masker selama 20 menit dan bilas kemudian menggunakan air dingin.

9. Bubuk Tawas

Tawas merupakan bahan yang selalu diandalkan ketika mengalami masalah bau badan. Tawas juga efektif untuk mengatasi ketiak basah agar lebih kering dan bebas dari bau. Untuk anda yang ingin menerapkan cara mengatasi ketiak basah menggunakan tawas boleh dicoba langkah berikut ini.

Sediakan tawas sebanyak 20 gram dan hancurkan hingga terbentuk serbuk. Bersihkan ketiak anda dan balurkan serbuk tawas tadi pada area ketiak. Anda bisa tetap melakukan aktifitas dan melihat hasilnya secara langsung bahwa keringat tidak lagi berbau dan produksi keringat juga berkurang dengan cepat.

10. Tomat

cara agar ketiak tidak basah dengan tomat

Buah tomat diperkaya dengan vitamin C dan A yang efektif untuk menghilangkan keringat berlebihan serta mengurangi kuman penyebab bau keringat. Haluskan satu butir buah tomat segar dan pakailah sebagai masker pada ketiak anda. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

11. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas menjadi sumber utama yang menyebabkan produksi keringat mengalami peningkatan. Untuk itu, cobalah menghindari makanan pedas sementara waktu agar anda juga bisa terbebas dari keringat berlebihan atau bau tidak sedap pada keringat.

12. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih dalam kadar yang disarankan adalah langkah terbaik mengatasi ketiak yang basah. Untuk menghindari produksi keringat berlebihan di area ketiak, anda bisa mengonsumsi air putih secara rutin.

13. Konsumsi Kemangi

Daun kemangi bisa menjadi pilihan anda yang ingin mengurangi jumlah keringat dan menghilangkan bau badan. Kemangi efektif mengatasi bau badan secara alami hanya dengan mengonsumsinya secara rutin. Dengan mengonsumsi kemangi, anda tidak hanya memberikan nutrisi antioksidan pada tubuh tetapi juga menghindarkan dari risiko bau badan serta mengontrol produksi keringat yang berlebihan.

Selain beberapa cara agar ketiak tidak basah yang dipaparkan diatas, anda juga bisa menjaga ketiak dengan menerapkan kebiasaan sebagai berikut:

  • Jaga kebersihan ketiak dan hindari memakai deodorant justru ketika ketiak berkeringat. Hal ini hanya akan memperbanyak produksi keringat anda.
  • Kurangi kebiasaan seperti mengonsumsi alkohol, kopi, makanan berlemak, hingga merokok yang memengaruhi produksi keringat.
  • Kenakan pakaian yang nyaman ketika bepergian di luar dalam waktu yang lama
  • Mencukur atau mencabut bulu ketiak agar ketiak tidak lagi lembab.
  • Olahraga rutin dan rajin mengonsumsi buah serta sayuran sebagai sumber nutrisi yang mampu menetralkan kelebihan produksi hormon tertentu.

Terapkan beberapa cara agar ketiak tidak basah diatas sebagai metode alami anda untuk menghindari risiko ketiak basah yang mengganggu kepercayaan diri. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi referensi untuk anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.