Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Bahan Alami Yang Ampuh

cara mengatasi asam lambung naik
Perut yang terasa tidak nyaman dengan sensasi panas dan perih, adalah salah satu gejala naiknya asam lambung yang menjadi penyebab penyakit maag akut. Asam lambung merupakan cairan pada organ pencernaan yang diproduksi untuk membantu sistem pencernaan dalam proses metabolisme seperti menyerap vitamin, mendeteksi bakteri, dan beberapa fungsi penting lainnya. Namun, ketika asam lambung meningkat yang terjadi adalah rasa tidak nyaman di perut yang menyebabkan penderita menjadi sulit beraktifitas dan merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, cara mengatasi asam lambung naik penting diketahui bagi anda yang sering mengalami hal ini.

Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Mudah

Menyembuhkan asam lambung yang naik sebenarnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat tertentu yang memang khusus untuk mengurangi gejala asam lambung. Namun, bagi anda yang tidak terbiasa dengan obat, sebaiknya direkomendasikan untuk lebih menggunakan cara alami saja untuk mengobati asam lambung naik. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam lambung naik yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Jahe

Jahe merupakan rempah alami yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan di dalam saluran cerna. Minum jahe hangat saat anda merasa tidak nyaman karena asam lambung bisa menjadi solusi yang tepat. Seduh beberapa ruas jahe pada satu gelas air panas dan biarkan sampai hangat untuk dikonsumsi. Tambahkan gula bila anda sedikit terganggu dengan aroma jahe yang keras.

2. Pisang

cara mengatasi asam lambung naik dengan pisang

Buah pisang mengandung kadar Kalium tinggi yang sangat efektif untuk menghilangkan gejala asam lambung naik. Buah pisang bisa jadi pilihan anda untuk mengatasi asam lambung lebih cepat dengan hanya mengonsumsinya saat merasakan gejala asam lambung tersebut. Biasanya buah pisang juga direkomendasikan untuk menjadi camilan ketika penderita maag harus menjaga pola makan yang sehat.

3. Susu Segar

Susu sapi segar ternyata bermanfaat untuk mengurangi gejala asam lambung yang naik. Susu sapi segar diperkaya kandungan Kalsium tinggi yang efektif untuk mengurangi kadar produksi asam lambung. Selain itu, susu sapi segar juga bisa menjadikan perut lebih nyaman karena selain menyeimbangkan pH di saluran cerna, susu juga menurunkan produksi asam lambung yang berlebihan.

4.Teh Hangat

Selain minuman susu sapi segar, teh hangat juga bisa menjadi cara mengatasi asam lambung naik yang populer. Teh hangat boleh dibuat dari teh hijau, teh hitam, atau teh dengan campuran melati agar lebih merelaksasi lambung anda. Teh mengandung senyawa aktif yang berfungsi untuk menenangka asam lambung dan menekan produksi asam lambung dalam waktu lebih cepat.

5. Apel

cara mengatasi asam lambung naik dengan apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang disarankan untuk mengurangi naiknya asam lambung selain buah pisang. Apel mengandung enzim yang mampu mengurangi produksi asam lambung di dalam perut. Itulah sebabnya, bagi anda yang menderita kenaikan asam lambung disarankan untuk mengonsumsi apel secara rutin untuk mengatasinya.

6. Asupan Makanan Dengan Vitamin B

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, maka anda bisa segera mengurangi produksi asam lambung yang mengalami peningkatan. Vitamin B berfungsi menekan produksi asam lambung terutama bagi ibu hamil dan menyusui yang lebih rentan pada gejala asam lambung naik.
Cara mengobati asam lambung yang disarankan adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin B2 dan B6 seperti ikan tuna, salmon, kacang-kacangan, bayam, dan hati ayam.

7. Makan Permen Karet

Penelitian dalam Journal of Dental Research menyebutkan bahwa untuk mengurangi produksi asam lambung anda juga bisa dengan cara mengunyah permen karet. Saat mengunyah permen karet, maka laju pelepasan air liur akan terangsang dan membuat asam dalam saluran cerna terakumulasi lebih banyak. Ketika asam terakumulasi inilah, maka asam sekaligus juga cepat tercuci dan terbuang.

8. Lidah Buaya

cara mengatasi asam lambung naik dengan lidah buaya

Cara menghilangkan asam lambung yang naik selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus lidah buaya setiap pagi. Namun, anda pun perlu berhati-hati karena terlalu sering melakukan treatment ini akan menyebabkan frekuensi buang air besar lebih tinggi.
Sediakan satu batang lidah buaya yang telah dikupas dan diambil sebagian gelnya. Kemudian blender menjadi satu dengan tambahan sedikit madu dan air dingin. Minum jus lidah buaya ini saat pagi hari sebelum sarapan untuk mengurangi gejala asam lambung meningkat.

9. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat adalah pengobatan asam lambung yang sebaiknya dilakukan bagi penderita asam lambung akut. Hentikan kebiasaan tidur setelah makan, merokok, dan berusaha menurunkan berat badan adalah beberapa langkah memulai hidup sehat dan mengurangi berbagai jenis penyakit termasuk gejala asam lambung naik.

10. Putih Telur

cara mengatasi asam lambung naik dengan putih telur

Dibandingkan kuning telur yang ternyata meningkatkan produksi asam lambung, putih telur justru disarankan untuk anda agar produksi asam lambung berkurang. Untuk itu, konsumsi secara rutin putih telur yang direbus untuk mengurangi gejala asam lambung naik yang dialami.

11. Karbohidrat Kompleks

Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks adalah tips mengatasi asam lambung naik yang efektif. Beberapa jenis makanan dengan kandungan karbohidrat adalah oatmeal, gandum, nasi merah, atau kentang. Makanan tersebut bisa dikonsumsi dengan aman dan hindari makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak terlebih dulu.

12. Peterseli

Sayuran yang bisa direkomendasikan untuk mengatasi asam lambung naik adalah peterseli. Memang kurang familiar menjadi menu harian masyarakat Indonesia, namun sayuran ini sudah bisa diperoleh dengan mudah di pasar atau supermarket. Peterseli merupakan bahan alami yang sejak lama dipakai untuk mengurangi gejala naiknya asam lambung. Konsumsi peterseli secara rutin akan mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan.

13. Adas

Adas merupakan bahan alami yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman ini memiliki kadar pH 6,9, yang membantu meringankan gejala asam lambung naik. Anda bisa menambahkan adas pada beberapa jenis makanan seperti salad untuk mengurangi produksi asam lambung.

14. Melon

Melon juga disarankan untuk bisa dikonsumsi ketika anda mengalami gejala asam lambung meningkat. Buah dengan rasa manis ini mengandung pH yang lebih tinggi dari 6,1 sehingga sangat efektif untuk menurunkan gejala asam lambung dan membuat perut terasa lebih nyaman.

15. Baking Soda

Baking soda merupakan langkah untuk mengurangi kadar asam lambung yang mengalami peningkatan signifikan. Namun menggunakan backing soda sebagai larutan juga harus dilakukan dengan beberapa aturan yaitu tidak mengonsumsinya lebih dari satu gelas dalam waktu tiga hari.

Larutkan satu sendok teh backing soda dengan satu gelas air dan minum larutan tersebut. Setelah itu, amati perubahan pada perut anda dan biarkan reaksinya bekerja. Bila ternyata perut terasa nyaman, artinya anda cocok dengan ramuan ini. Namun, bila gejala semakin meningkat pengobatan dengan backing soda harus segera dihentikan dan beralih dengan pengobatan lainnya.

Beberapa langkah diatas adalah cara mengatasi asam lambung naik yang cukup efektif dan terbukti aman untuk diterapkan setiap hari. Dibandingkan dengan harus mengonsumsi obat berbahan kimia yang nantinya berisiko, anda lebih disarankan untuk mengatasi asam lambung naik dengan bahan alami seperti metode yang dijelaskan diatas. Semoga berhasil ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.