Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Paling Manjur

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Gangguan hidung tersumbat akibat pilek sangat membuat tidak nyaman, pada orang dewasa hidung tersumbat membuat tidak tidak enak, dan susah untuk melakukan pernafasan. Lalu bagaimana jika masalah hidung tersumbat ini terjadi pada bayi? Sungguh sangat membuat panik. Bayi yang hanya bisa menangis apabila merasa tidak nyaman dengan sesuatu maka saat terjadi hidung tersumbat bayi hanya akan menangis dan tidak dapat tidur dengan baik.

Penyebab hidung tersumbat tidak hanya karena terdapat sumbatan yang berupa cairan lendir atau ingus dihidung yang menutup aliran pernafasan namun juga terjadi karena saat pilek pembuluh darah di dalam hidung mengalami pembengkakan sehingga membuat bayi sulit bernafas. Secara umum pada umur pertama bayi masih belum memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga rentang terhadap virus yang dapat memunculkan gangguan kesehatan, seperti pilek atau flu misalnya.

Ini Dia Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Paling Efektif

Apabila terdapat tanda – tanda hidung tersumbat karena pilek segera lakukan pertolongan pada bayi anda dengan cara alami terlebih dahulu sebagai perawatan dan pertolongan pertama, beberapa cara mengobati hidung tersumbat pada bayi yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Menggunakan uap

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan uap bayi

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat bayi mengalami hidung tersumbat yaitu menggunakan terapi uap. Hawa uap yang hangat dan lembab sebagai relaksasi bagi bayi, sehingga ingus yang menyumbat dapat keluar. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat uap terhirup oleh bayi

  • Siapkan baskom berisi air hangat yang menghasilkan uap, akan tetapi pastikan uap tidak terlalu panas.
  • Buat bayi menghirupnya.
  • Lakukan cara lain apabila anda memiliki kran air panas.
  • Hidupkan kran air panas dan biarkan mengalir akan tetapi berikan wadah dibawah kran agar air tidak meluber.
  • Buat bayi menghirup udara disekitar uap kran dan jaga bayi agar tidak terkena cipratan air panas yang keluar dari kran.

2. Pijatan

Pemijatan bayi adalah suatu treatment yang sering dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi serta dipercaya untuk menghilangkan pegal-pegal pada badan bayi. Saat bayi mengalami hidung tersumbat pemijatan juga dapat dilakukan dengan cara

  • Pijat bagian dada bayi dengan lembut, gerakan yang dapat dilakukan yaitu menggosok pabian dada membentuk pola hati (love)
  • Pijatan kedua dengan cara menggosok lembut secara menyilang pada dada bayi
  • Ketiga lakukan pemijatan di area sekitar hidung bayi dengan cara meletakkan kedua telunjuk pada bagian atas hidung bayi, kemudian lakukan pemijatan lembut kearah atas kemudian arahkan jari melintasi bagian bawah mata, belakang telinga bayi hingga leher. Ulangi gerakan hingga 3x.

Pemijatan ini dilakukan agar otot – otot sekitar hidung bayi tidak tegang dan membuat bayi merasa rileks. Saat pemijatan dapat menggunakan minyak bagi yang tidak menimbulkan reaksi alergi serta minyak bayi tanpa penghangan sebab pemijatan dilaukan melintasi bawah mata hal ini dilakukan agar menghindarkan mata bayi dari kepanasan akibat minyak yang mengandung penghangat.

3. Memberi minyak telon pada bagian dada

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan mengoleskan minyak telon pada bagian dada

Cara selanjutnya dilakukan dengan memberikan minyak telon pada bagian dada. Cara ini akans angat cocok dikombinasikan dengan adanya pemijatan sehingga setelah dipijat bayi dibaluri dengan minyak telon agar menjaga bayi tetap hangat.

4. Posisi tidur

Saat hidung tersumbat orang dewasa akan mengatur posisi tidur miring agar lendir yang ada dalam hidung kelaur dan membuka jalan pernafasan hidung. Hal ini juga dapat diterapkan kepada bayi cara yang dapat dilakukan yaitu

  • Berikan bantal lebih pada tempat tidur bayi.
  • Buatlah pengganjal dengan bantal kecil supaya posisi kepala bayi bisa sedikit miring, atau atur posisi lebih tinggi dari kaki.
  • Cara ini dilakukan agar lendir dalam hidung bayi cepat keluar.

Pengaturan posisi tidur pada bayi juga memiliki manfaat untuk membuat bayi bisa tidur dengan nyaman, apabila bayi bisa tidur dengan nyaman maka bayi tidak akan rewel dan membuat ibu bisa beristirahat juga.

5. Memberi cairan yang cukup

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan memberikan cairan yang cukup

Langkah selanjutnya sebagai perawatan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu memberikan cukup cairan pada bayi. Berikan ASI seperti biasa secara teratur untuk menjaga bayi agar tetap ternutrisi setiap hari. Baiknya nutrisi yang diterima oleh bayi saat sedang pilek sangat membantu kesembuhan, apabila bayi sudah cukup umur berikan minum air atau jus apel untuk menambah hidrasi tubuh bayi.

6. Membersihkan hidung

Membersihkan hidung bayi yang terkena pilek adalah keharusan, sebab lendir yang kering dapat menjadi kerak dan semakin menyumbat rongga hidung bayi. Hal tersebut akan membuat bayi semakin tidak nyaman dan jika dibiarkan akan berakibat pada kesehatan bayi. Cara pembersihan hidung bayi yang dapat dilakukan yaitu

  • Gunakan korek kuping (cotton bud) khusus bayi (diameter kecil)
  • Selanjutnya basahi cutton bud tersebut dengan air hangat
  • Korek ataucungkil kotoran yang mengeras pada hidung bayi untuk mengatasi hidung bayi tersumbat. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi, lebih baik dilakukan saat bayi sedang tidur untuk menghindari gerakan-gerakan tubuh bayi yang mengganggu proses pembersihan.

7. Berjemur

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan berjemur

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi juga bisa dengan berjemur. Berjemur dibawah matahari pagi adalah hal yang baik karena matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Begitupula untuk bayi, berjemur diabwah matahari pagi juga baik untuk bayi cara agar bayi mendapatkan sinar matahari yang cukup yaitu

  • Letakkan bayi pada daerah rumah yang terkena sinar matahari
  • Letakkan bayi dengan tidur di kereta dorong atau digendong sendiri, hadapkan bayi pada sinar matahari tetapi usahakan untuk menutup mata bayi agar tidak silau.

8. Berikan makanan berupa sup hangat

Pada bayi yang sudah cukup umur untuk diberi makanan selain asi, buatkanlah makanan berupa sup hangat untuk menu makan bayi. Sup hangat tidak hanya bergizi bagi bayi tapi juga akan menghangatkan tubuh bayi sehingg dengan hangatnya tubuh bayi lendir dalam rongga hidung dapat cepat keluar. Jenis sup hangat yang dapat dibuat yaitu

  • Sup kaldu ayam
  • Sup dading sapi

Menu makanan sup sangat baik untuk membuat saluran pernafasan bayi lebih sehat.

9. Lap hidung bayi

Mengelap hidung bayi dengan air hangat adalah cara paling praktis untuk mengatasi hidung tersumbat. Mengelap hidung bayi bisa dilakukan lebih sering untuk membuat area hidung bersih dan hangat untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi saat hidungnya tersumbat.
Cara yang dapat anda lakukan yaitu

  • Pertama siapkan handuk dan air hangat
  • Kemudian Rendam handuk yang telah disiapkan ke dalam air hangat. Setelah direndam peras handuk hingga kering.
  • Setelah kering gunakan handuk untuk mengelap hidung bayi secara perlahan.

10. Kompress hidung

Cara yang satu ini sama seperti mengelap hidung bayi akan tetapi handuk dibiarkan berada diatas area hidung beberapa saat. Kompress hidung bayi ini bertujuan untuk mengencerkan lendir akan segera keluar dari rongga hidung cara yang dapat dilakukan yaitu

  • Siapkan handuk yang tipis
  • Rendam dalam air hangat kemudian peras hingga kering
  • Letakkan diatas area hidung beberapa saat
  • Kemudian angkat

Pemilihan handuk untuk kompres ini lebih baik pilih kain yang tipis dan sekiranya bisa menghangatkan hidung tidak terlalu besar dan berat karena dapat menekan hidung bayi dan membuat tidak nyaman.
Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi diatas dapat dilakukan untuk perawatan harian dirumah sebagai pertolongan pertama apabila pilek tidak membaik konsultasikan ke dokter agar bayi tetap sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.