Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

14 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dengan Mudah

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi
Gigitan nyamuk tidak hanya menyebabkan rasa gatal yang menjengkelkan, terkadang gigitan nyamuk juga meninggalkan bekas pada kulit. Inilah yang banyak dialami para bayi dan menyebabkan para ibu cemas pada bekas gigitan yang menimbulkan bercak merah tersebut. Ya, nyamuk adalah musuh bagi kita semua dan merupakan salah satu hewan yang menjadi media penularan penyakit berbahaya. Bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi yang sensitif juga bisa menjadi pemandangan yang tidak menyenangkan bagi para orang tua. agar kulit bayi juga selalu tampak mulus dan tidak terasa gatal.

Inilah Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Bekas gigitan nyamuk biasanya menimbulkan rasa gatal yang awet dan mengganggu kenyamanan buah hati. Nah, sebelum mengoleskan krim untuk menghilangkan bekas gigitan tersebut ada baiknya anda menggunakan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi seperti berikut ini!

1. Potong Kuku Bayi Terlebih Dulu

Gigitan nyamuk yang menyebabkan rasa gatal membuat bayi menggaruk bekas gigitan tersebut. Dikhawatirkan, tindakan ini bisa menjadi infeksi bila bayi anda terus-menerus menggaruk bagian gigitan nyamuk yang dialaminya. Untuk itu, sebaiknya potong kuku bayi yang sudah panjang agar tidak melukai kulit yang terkena bekas gigitan nyamuk tersebut.

2. Kompres Air Dingin

Bekas gigitan nyamuk pada bayi bisa perlahan dihilangkan dengan melakukan kompres air dingin. Atau, anda juga bisa menaruh es batu pada handuk lembut untuk kemudian dibungkus dan dipakai sebagai bahan kompres untuk bayi. Sensasi dingin bisa membantu menghilangkan rasa gatal yang membuat si kecil tidak nyaman.

3. Bekas Teh Celup

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan teh celup bekas

Kantung teh celup memiliki kandungan antioksidan alami yang berfungsi untuk meringankan gajala iritasi, mengurangi peradangan dan sebagai antibakteri saat gigitan nyamuk membekas pada kulit bayi anda. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi adalah mengompres bagian bekas gigitan tersebut dengan menggunakan kantung teh celup bekas yang telah disimpan terlebih dulu dalam kulkas selama 20 menit.

4. Kulit Pisang

Jika kebetulan anda memiliki pisang di rumah, maka untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi bisa menggunakan buah dengan kandungan antiradang tersebut. Kulit pisang juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada bekas gigitan nyamuk. Caranya, ambil kulit pisang tanpa dicuci terlebih dulu. Gosokkan pada kulit bayi yang terkena bekas gigitan nyamuk beberapa kali sampai kulit pisang tersebut berubah warna.

5. Cuka Sari Apel

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan cuka sari apel

Selain kulit pisang, menghilangkan bekas gigitan nyamuk juga bisa menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel mengandung anti iritasi, anti bakteri dan anti radang yang berfungsi mengurangi risiko infeksi pada bekas gigitan. Sediakan cuka sari apel organik secukupnya untuk dioleskan pada bekas gigitan nyamuk tersebut. Bila ternyata bekas gigitan cukup banyak, maka anda bisa mencampurkannya pada air mandi untuk bayi. Kandungan anti iritan pada cuka sari apel bisa mengurangi rasa gatal dan memudarkan bekas gigitan nyamuk yang mulai kemerahan.

6. Pilih Sabun Bayi yang Lembut

Memilih sabun bayi yang lembut dan berformula ringan disarankan bagi anda saat si kecil terkena gigitan nyamuk. Cukup dengan mengaplikasikan sabun bayi seperti biasa ketika mandi dan menjaga kulit bayi tidak bersentuhan dengan bahan yang keras agar tidak menimbulkan luka pada bekas gigitan. Gunakan handuk lembut untuk menjaga kulit bayi tetap halus.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya juga efektif untuk menjaga kulit bayi dari iritasi. Cobalah oleskan beberapa bagian gel lidah buaya yang mengandung antioksidan alami pada kulit bayi yang terkena gigitan. Setelah itu bilas menggunakan air atau kain lembut yang telah dibasahi. Langkah ini bisa diaplikasikan secara rutin untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi.

8. Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan anti peradangan yang membuat benjolan bekas gigitan nyamuk mengecil ukurannya. Namun, karena bawang merah juga bisa menyebabkan mata perih anda bisa mengaplikasikannya ketika si kecil tidur. Oleskan potongan bawang merah pada bekas gigitan nyamuk selama beberapa kali. Kemudian segera cuci kulit si kecil menggunakan sabun bayi setelah terbangun.

9. Lemon

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan lemon

Lemon yang diperkaya vitamin C alami akan memudarkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang menimbulkan bekas kemerahan. Sebaiknya aplikasikan lemon saat bayi sedang tidur untuk menghindari sensasi perih bila tidak sengaja terkena mata bayi. Belah lemon menjadi dua bagian, keluarkan airnya dan oleskan air lemon tersebut pada bekas gigitan nyamuk di kulit bayi anda. Setelah bayi terbangun, anda bisa segera membersihkannya dengan bilas air bersih atau mandi.

10. Pasta Gigi

Cara mengatasi bekas gigitan nyamuk pada bayi juga bisa memanfaatkan pasta gigi yang ada di rumah. Namun, sekali lagi sebaiknya anda melakukan ini ketika bayi terlelap tidur karena bahan pasta gigi ini juga menimbulkan rasa pedih untuk bayi bila tidak sengaja terkena mata. Oleskan pasta gigi pada bagian bekas gigitan nyamuk tersebut dan biarkan hingga keesokan harinya untuk dibilas dengan air bersih.

11. Minyak Esensial

Banyak jenis minyak esensial yang ternyata memiliki kandungan bagus untuk kesehatan kulit. Anda bisa memilih salah satunya sebagai langkah menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Dengan mengoleskan minyak esensial tersebut pada bekas gigitan secara rutin, maka bekas gigitan nyamuk juga perlahan bisa memudar. Silahkan pilih jenis minyak esensial yang cocok untuk bayi anda, minyak esensial juga tidak menimbulkan perih sehingga bisa diaplikasikan kapan saja.

12. Madu

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan madu

Madu memiliki khasiat sebagai anti radang dan anti bakteri cukup ampuh untuk mengatasi luka bekas gigitan nyamuk. Bila secara tidak sengaja bekas gigitan tersebut menjadi luka karena digaruk, maka oleskan madu alami pada luka tersebut dan biarkan sampai mengering untuk selanjutnya dibilas.

13. Garam

Pasta garam sangat ampuh mengatasi bekas gigitan nyamuk yang menimbulkan sensasi gatal. Untuk membuatnya, anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes air hangat. Haluskan sampai garam sedikit berair, dan tempelkan bekas gigitan tersebut selama 15 menit sebelum dibilas dengan air sampai bersih.

14. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antioksidan alami yang bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi dan menghentikan rasa gatal pada bekas gigitan nyamuk. Oleskan bawang putih pada bagian bekas gigitan nyamuk tersebut dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air sampai bersih dan usahakan melakukannya ketika bayi sedang tidur siang.

Setelah anda menerapkan berbagai cara diatas sebaiknya amati bilamana bekas gigitan tersebut berisiko infeksi. Gejala gigitan nyamuk yang menyebabkan infeksi bisa diamati dari adanya nanah pada bintik bekas gigitan, demam pada bayi, pembengkakan pada bekas gigitan atau perubahan warna yang mencolok pada bekas gigitan tersebut.

Serangkaian langkah diatas bisa anda terapkan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk pada bayi. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi seperti diatas terbilang aman dan direkomendasikan sebelum anda menggunakan krim dari resep dokter. Gunakan cara alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk tersebut, sehingga kulit bayi juga lebih aman dari paparan kandungan bahan kimia yang mungkin menimbulkan efek samping dikemudian hari. Semoga bermanfaat untuk anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.