Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi Yang Ampuh Dan Tradisional

 cara menghilangkan dahak pada bayi
Dahak atau yang biasa kita kenal lender ini mengandung sel darah putih yang sebenarnya suatu proses atau mekanisme yang diberikan tubuh untuk menumpas kuman. Tumpukan lender atau dahak ini memang tidak berbahaya namun tentunya jika terlalu banyak akan membuat saluran pernafasan anak Anda terganggu.

Terganggunya saluran pernafasan pada bayi tentunya hal yang membahayakan. Jika Anda sedang mencari informasi mengenai cara menghilangkan dahak pada bayi maka tepat sekali jika Anda membaca artikel ini hingga selesai.

Inilah Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi Patut Dicoba

Menghilangkan dahak atau lender pada bayi tentunya akan berbeda saat menghilangkannya pada orang dewasa. Komunikasi menjadi masalah utama dalam hal ini karena kita tidak bisa mengetahui apa yang dirasakan bayi kita. Sebagai langkah awak menghadapi masalah dahak ini, berikut informasi seputar cara menghilangkan dahak pada bayi.

1. Memakai Kapas Yang Dibasahi

Melihat anak sesak nafas atau tidak nyaman karena memiliki dahak di hidung tentunya membuat Anda tersiksa dan juga tidak tenang karena selalu kepikiran bukan?. Pada suatu kasus dahak atau lendir yang merupakan mekanisme pertahanan diri dari kuman ini menempel pada bagian hidung. Lendir yang menempel pada bagian hidung anak akan mengering. Anda bisa membersihkan lendir yang mengering ini menggunakan kapas yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air.

2. Tetesan Air Garam

 cara menghilangkan dahak pada bayi dengan tetesan air garam

Cara menghilangkan dahak pada bayi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Namun Anda tidak bisa semerta-merta memasukan air garam langsung ke dalam hidung bayi. Anda harus membeli alat tetes yang bisa Anda temukan di beberapa apotek. Anda juga memerlukan alat suntik tanpa jarum untuk mengeluarkan lendir atau dahak melalui hidung si kecil ini. Hal ini bisa Anda lakukan saat si kecil akan makan sehingga nantinya mudah si kecil untuk makan.

3. Mengkonsumsi Banyak Cairan

Dahak atau lendir ini pada dasarnya merupakan infeksi yang ada pada saluran pernafasan bayi Anda sehingga Anda harus memberikan banyak cairan. Tujuan pemberian banyak cairan adalah untuk mencegah bayi Anda mengalami masalah dehidrasi. Selain itu cairan ini akan membantu mengencerkan dahak yang ada pada bayi Anda. Jika anak Anda masih diberi ASI ekslusif maka Anda bisa meningkatkan intensitas pemberian ASI.

4. Buat Udara Sekitar Si Kecil Menjadi Lembab

 cara menghilangkan dahak pada bayi buat udara si kecil menjadi lembap

Cara menghilangkan dahak pada bayi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan membuat udara di sekitar anak Anda ini menjadi sedikit lebih lembab. Cara ini dipercaya ampuh untuk membuat dahak pada saluran pernafasan anak Anda menjadi lebih encer dan tidak mengumpal. Gumpalan dahak yang sudah menjadi encer akan mudah untuk dikeluarkan oleh bayi saat batuk.

5. Memberi Tepukan Kecil Pada Bagian Punggung

Cara lainnya adalah dengan memberikan tepukan kecil dan lembut pada punggung bayi Anda. Posisikan bayi Anda agar tengkurap di pangkuan kemudian secara pelan dan perlahan agar tidak menimbulkan rasa sakit pada si kecil. Selain si kecil diposisikan tengkurap, Anda juga bisa memposisikan si kecil dengan posisi duduk agar lebih mudah saat batuk dan mengeluarkan dahak.

6. Berikan Madu

 cara menghilangkan dahak pada bayi dengan berikan madu

Apakah anak Anda sudah berumur lebih dari 1 tahun? Jika iya maka untuk membantu menghilangkan dahak ini ada bisa memberikan anak Anda madu. Madu yang diberikan ini dipercaya mampu meredakan batuk sekaligus menghilangkan dahak. Anda bisa memberikan bayi Anda sekitar setengah hingga satu sendok makan madu. Cara lain adalah dengan mencampurkan madu, air hangat, dan juga perasan lemon. Perhatian cara pemberian madu ini tidak baik diterapkan untuk anak di bawah 1 tahun.

7. Mengoleskan Minyak Kayu Putih Atau Minyak Telon

Minyak kayu putih dan juga minyak telon adalah beberapa barang yang erat kaitannya dengan bayi. Saat anak Anda memiliki dahak yang menyebabkan anak seperti sesak nafas atau menjadi sulit tidur maka yang bisa Anda lakukan adalah memberi beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon pada perut dan juga punggung anak Anda. Jika Anda khawatir anak Anda alergi terhadap 2 minyak ini, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

8. Gunakan Uap Air Panas

 cara menghilangkan dahak pada bayi dengan menggunakan uap air panas

Uap air panas memang sudah dipercaya sejak dulu mampu menghilangkan dahak yang ada pada anak Anda. Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan uap air panas cukup mudah yaitu menyediakan satu baskom air panas didekat anak Anda dengan tujuan agar anak Anda menghirup uap air panas tersebut dan melegakan saluran pernafasan Anda. Selain menggunakan air panas saja, maka Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Cara ini cukup mudah karena bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

9. Tinggikan Posisi Tidur Si Kecil

Cara menghilangkan dahak pada bayi yang ke sembilan adalah dengan meninggikan posisi tidur anak Anda. Saat anak Anda memiliki dahak tentunya tidurnya pun menjadi tidak nyenyak. Cobalah untuk sedikit meninggikan posisi tidur anak Anda dengan menggunakan beberapa lapis handuk lembut. Yang menjadi cacatan dalam hal ini adalah cara ini bisa diterapkan pada anak bayi yang sudah berumur satu tahun lebih. Jika belum berumur 1 tahun lebih baik Anda mencoba cara yang lainnya.

10. Daun Sirih Hangat

Daun sirih sering digunakan dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan sejak dulu. Untuk memanfaatkan daun sirih Anda harus memanaskan daun sirih terlebih dahulu. Setelah daun sirih panas maka Anda bisa menempelkan pada dada atau punggung bayi. Biarkan suhu hangat yang ada pada daun sirih bekerja mengencerkan dahak. Perhatian pastikan jika suhu daun sirih tadi tidak terlalu panas karena ditakutkan menyebabkan iritasi pada kulit bayi Anda ini.

Baiklah, begitu informasi seputar cara menghilangkan dahak pada bayi yang bisa kami rangkum dan kami sampaikan. Sebagai catatan cara-cara yang kami sampaikan di atas adalah langkah awal yang bisa Anda lakukan. Jika ternyata bayi Anda masih bermasalah dengan dahak lebih baik segera membawanya ke dokter untuk memberikan perawatan lanjutan dengan bantuan medis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.