Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur Dengan Mudah dan Alami

cara menghilangkan ngorok
Ngorok atau mendengku merupakan hal yangbiasa dilakukan ketika sedang tidur. Namun, kondisi seperti ini akan menjadi lebih serius dan berpengaruh akan kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang ngorok dalam tidurnya, pasokan oksigen ke dalam tubuh berkurang, sehingga Anda akan kelelahan pada esok hari. Bila tidak diatasi dengan benat, waktu tidur yang seharusnya di jadikan sebagai momen beristirahat, menjadi tidak maksimal.

Apa yang terjadi ketika seseorang ngorok ? – Ngorok merupakan getaran pada langit-langit mulut, hidung atau tenggorokan, jaringan lunak pada mulut. Ketika aliran udara masuk ke tenggorokan mengalami hambatan, pada saat inilah terjdai getaran yang menimbulkan suara. Dan faktanya setengah dari populasi orang dewasa pernah dan bahkan rutin mengalami dengkuran atau ngorok ini.

Suara yang keluar pun berbeda-beda, tergantung dari mana getaran tersebut berasal. Suara umumnya halus ketika area jaringan lunak yang terletak di belakang hidung bergetar. Namun suara akan terdengar cukup keras ketika tempat bergetar di area bagian belakang tenggorokan dan langit-langit mulut.
Ngorok dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari posisi tidur tertentu, kelelahan, obesitas, merokok, kelainan pada hidung dan tenggorikan, mengkonsumsi obat tidur, hingga minum-minuman keras. Atau karena disebabkan oleh amandel yang membesar, ini sering terjadi pada anak-anak.

Ini Dia Cara Menghilangkan Ngorok Paling Ampuh

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan rutin mengorok dan terganggu dengan hal ini. Cobalah beberapa cara menghilangkan ngorok berikut ini

1. Rubah posisi tidur

cara menghilangkan ngorok

Penggunaan bantal hingga posisi tidur dapat menyebabkan Anda mengorok. Diantaranya ketika kepala berada jauh di belakang posisi bantal. Untuk itu sangat disarankan untuk meletakan kepala setidaknya 14 inchi dari posisi biasanya untuk membersihkan tenggorokan yang menghasilkan suara dengkuran atau ngorok tersebut.

Selain itu posisi tidur terentang akan membuat lidah tertarik ke belakang sehingga terjadi penyempitan aliran udara, inilah yang memicu getaran sehingga menimbulkan suara ngorok atau dengkuran. Posisi terbaik untuk mencegah ngorok ialah miring ke samping baik itu kiri ataupun kanan. Bila perlu, coba gunakan bola tenis di posisikan pada bawah tengkuk Anda untuk mencegah Anda tidur dalam posisi tengkurap atau terlentang.

2. Bersihkan sinus

Sebelum Anda pergi tidur coba untuk bersihkan bagian sinus di hidung. Ketika terjadi penyumbatan atau kemacetan udara di area sinus, getaran akan timbul dan menyebabkan Anda ngorok. Keluarkan kotoran di hidung dengan cara mengeluarkan udara keras dari hidung.

3. Cuci Hidung dengan cairan garam

Ngorok bisa disebabkan oleh hidung yang tersumbat. Kondisi ini bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka, sehingga peredaran udara menjadi lancar. Ketika rongga hidung mengalami sumbatan karena flu, maka aliran udara yang masuk dapat berubah jadi dengkuran yang mengganggu. Cara menghilangkan dengkuran bisa mencuci hidung dengan cairan garam, sama seperti penyakit sinusitis. Atau bila itu dirasa sulit, Anda bisa cukup dengan mandi air hangat sebelum tidur.

4. Hirup Uap air sebelum tidur

cara menghilangkan ngorok dengan hirup uap air

Uap air dapat membantu Anda untuk membersihkan rongga hidung agar ketika tidur Anda dapat bernafas dengan lega dan lancar. Cara mengatasi tidur ngorok cukup mudah, cukup basahi handuk kecil dengan air hangat, kemudian hirup uapnya. Lakukan ini selama setidaknya 10 menit. Solusi ini akan menghilangkan lendir yang mengakibatkan hidung tersumbat serta menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung.

5. Tidur Cukup

Memiliki jadwal tidur yang buruk atau kurang tidur bisa memicu Anda untuk mengorol. Misalnya Anda sibuk bekerja dan tidak ada waktu yang cukup untuk beristirahat atau tidur. Ketika Anda mencapai titik kelelahan yang cukup parah. Kondisi otot akan tidak tegang sehingga ketika tidur Anda akan ngorok.

6. Bernyanyi

Anda memiliki hobi bernyanyi ? bernyanyi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngorok yang cukup mudah untuk dilakukan. Coba cari lagu yang Anda suka dengan nada tinggi kemudian nyanyikan. Meski solusi yang sati ini cukup mengganggu tetangga Anda ketika suara Anda tidak merdu, namun otor tenggorokan akan mengendur ketika Anda bernyanyi dengan nada tinggi.

7. Idealkan Berat Badan

cara menghilangkan ngorok dengan idealkan berat badan

Salah satu penyebab kebiasan mendengkur saat malam hari ialah mendengkur. Bahaya penyakit obesitas ini tidak boleh disepelekan, sebab obesitas menimbulkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan yang lebih berbahaya dari mendengkur. Sekilas mungkin kita tidak menganggap ngorok atau mendengkur merupakan kasus kesehatan atau gangguan yang berbahaya.

Namun siapa yang menyangka bila bahaya dari orang yang mendengkur ialah merupakan salah satu tanda penyakit yang mematikan. Diantaranya penyakit amandel yang membesar hingga gangguan jantung. Bila terus dibiarkan tanpa dicarikan solusinya mendengkur dapat menyebabkan penyakit lain seperti diabetes, stroke dan darah tinggi.

8. Hindari minuman keras dan obat penenang/ obat tidur

Biasanya orang yang tidak terbiasa mendengkur kemudian mengkonsumsi minuman keras, akan segera mendengkur dengan keras. Menurut penelitian, ketika seseorang menenggak alcohol atau minuman keras lima atau empat jam sebelum tidur akan membuat dengkuran menjadi parah. Begitupun dengan konsumsi obat tidur. Memang memberikan efek yang ampuh bagi Anda yang insomnia atau sulit tidur untuk tidur lebih lelap. Bamun obat tidur akan membuat otot pada leher menjadi sangat rileks sehingga bila dibiarkan dengkuran Anda akan semakin parah.

9. Konsumsi air putih yang cukup

cara menghilangkan ngorok dengan mengkonsumsi banyak air putih

Ketika Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Proses melepasnya lender di hidung serta pada langit langit lunak menjadi lengket. Hal ini menyebabkan Anda mendengkur. Untuk itu sangat disarankan minum air putih yang cukup. Idealnya bagi pria untuk mengkonsumsi setidaknya 16 gelas air dan wanita 11 gelas air dalam satu hari penuh.

10. Stop merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan buruk yang satu ini, sebaiknya berhentilah mulai sekarang. Merokok akan mengakibatkan hidung serta paru-paru tersumbat. Kondisi ini bisa memicu suara dengkuran.

11. Bersihkan kamar tidur

Selain penyakit atau posisi tidur yang tidak baik. Alergi terhadap debu kamar yang tidak bersih bisa menyebabkan Anda mendengkur dengan keras. Jaga selalu kebersihan tempat tidur mulai dari tirai, sprei, guling, bantal, hingga jasur dari tungau kutu atau debu.

Sangat disarankan untuk tidak tidur dengan hewan peliharaan agar terhindar dari ketombe atau debu hewan yang masuk ke rongga hidung Anda. Untuk berjaga-jaga ganti bantal Anda setiap 6 bulan sekali untuk menghindari kutu dan tungau.

Ngorok akan menjadi masalah yang lebih serius. Contohnya ketika pasangan Anda mulai terganggu dengan suara yang tidak merdu tersebut. Rasa lelah setelahh mengorok semalaman pun akan membuat Anda tidak semangat dan lesu menjalani hari.

Kemungkinan buruk Anda bisa saja tercekik pada saat ngorok. Ketika ngorok sudah sangat mengganggu setidaknya carilah dan terapkan cara menghilangkan ngorok untuk mengatasinya. Namun bila parahnya tidak bisa teratasi, Anda harus segera konsultasi dengan dokter ahli setempat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.