Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

6 Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Yang Alami Dan Manjur

cara menghilangkan telur kutu
Kutu rambut merupakan serangga kecil dan tinggal serta berkembang biak di kepala. Dan bisa mendapatkan makanan melalui kepala kita dengan menghisap darah. Kutu betina bisa bertelur sebanyak 6 buah/hari. Telur ini bisa melekat pada rambut sebelum akhirnya menetas saat berumur 8-10 hari. Lalu kutu terus tumbuh menjadi kutu dewasa dalam jangka waktu 10-12 hari. Kutu ini bisa bertahan hidup hingga 4 minggu sebelum akhirnya mati.

Kutu rambut ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau juga sebaliknya. Penularan kutu rambut ini bisa terjadi dengan kontak langsung melalui orang yang berkutu. Dan bisa juga secara tidak langsung dengan media dan peralatan yang sudah dihinggapi kutu. Misalnya handuk, bantal, baju, sisir, helm, earphone, topi, seprai, dan sebagainya. Parasit ini tidak dapat terbang atau meloncat dari satu kepala ke kepala orang lain. Kutu rambut hanya bergerak dengan cara berjalan untuk mencari habitat pada rambut tebal. Oleh sebab itu, anak-anak perempuan yang aktif berinteraksi lebih disukai oleh kutu rambut.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Melalui Ramuan Tradisional.

Nah, apabila Anda masih ragu untuk mempergunakan obat-obatan pembasmi telur kutu secara medis. Maka, Anda bisa menggunakan obat kutu yang berasal dari bahan alami. Bahan ini dapat Anda racik sendiri di rumah. Dan tentu tidak akan membuat rambut Anda rontok. Dibawah ini disajikan beberapa daftar bahan alam yang bisa bertindak sebagai bahan pembasmi atau pengusir telur kutu dari rambut kepala Anda. Nah di bawah ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan telur kutu rambut dengan mudah.

1. Cuka Putih dan Air

cara menghilangkan telur kutu dengan cuka putih dan air

Cuka yang memiliki sifat asam dapat mencegah kutu rambut terus hidup dan berkembang biak pada rambut Anda. Namun, pastikan Anda mencairkannya terlebih dahulu karena baunya cukup kuat dan masam. Caranya campurkan sedikit cuka putih ke dalam air dan bilas di kepala.

2. Ekstrak Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini mempunyai sifat asam yang bisa menjadi cara cepat menghilangkan kutu dan telur kutu pada rambut tanpa merusaknya. Pertama, basahi rambut Anda menggunakan air. Peras 5 sampai 10 jeruk nipis kemudian ambil airnya. Gosoklah perasan jeruk nipis itu pada rambut serta kulit kepala Anda. Diamkan selama 30 menit, lalu sisir rambut Anda dengan perlahan. Terakhir, cucilah rambut Anda menggunakan air hangat. Terus ulangi proses ini setiap hari selama kurang lebih dua minggu. Untuk menghilangkan kutu dan telurnya tanpa efek merusak rambut Anda.

3. Daun Mimba

cara menghilangkan telur kutu dengan daun mimba

Daun Mimba adalah jenis daun yang merupakan golongan tanaman perdu/terna. Tanaman ini pertama kali ditemukan di kawasan Hindustani, Madhya Pradesh, India. Beberapa wilayah menyebutnya daun ini sebagai daun intaran. Bau yang sangat tajam dan rasanya daunnya yang pahit menjadi salah satu alasan kutu harus pergi dari kulit kepala Anda. Untuk caranya cukup mudah, pertama rebuslah daun mimba ini sampai mendidih. Lalu gunakan air rebusan daun mimba itu untuk membasahi kepala Anda. Ulangi perawatan ini kurang lebih dua kali seminggu agar kutu hilang dari rambut Anda.

Bila di daerah Anda sudah ada produk yang mengandung minyak esensial yang berasal dari daun mimba. Maka Anda dapat menggunakannya untuk mengusir kutu dan telur kutu di rambut Anda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak ini pada kulit kepala Anda dan diamkan selama beberapa menit. Ulangi proses ini hingga kutu-kutu di rambut Anda sudah benar-benar hilang.

4. Bawang Merah

cara menghilangkan telur kutu dengan bawang merah

Bawang merah, adalah salah satu bahan utama bumbu dapur. Tetapi juga bisa dipergunakan sebagai obat alami pembasmi kutu rambut. Bawang merah ini kaya akan kandungan sulfur. Kandungan ini berperan membunuh kutu rambut di kepala Anda. Caranya, cobalah blender 4 samapai 5 siung bawang merah. Dan buatlah jadi semacam pasta. Lalu saring untuk mendapatkan airnya.

Pijatlah kulit kepala Anda menggunakan air sari ekstrak bawangitu. Kemudian tutuplah kepala Anda menggunakan shower cap. Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Sesudah itu, bilas rambut Anda menyeluruh menggunakan air hangat. Setelah rambut kering, pakailah sisir nit untuk menghapus kutu di rambut Anda.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

cara menghilangkan telur kutu dengan lidah buaya

Tanaman lidah buaya dapat menebalkan alis. Sedangkan bila berurusan dengan rambut, maka kegunaan dari cairan gel lidah buaya tidak bisa dipisahkan. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai pengusir kutu rambut sangat mudah. Anda cukup membelahnya lalu balurkan lendir dari lidah buaya tersebut pada rambut secara merata. Pijatlah dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilaslah dengan shampoo sampai bersih.

6. Alkohol

Alkohol, merupakan pelarut yang di dalamnya terkandung 70 persen isopropil atau alkohol absolut. Kandungan ini sangat efektif untuk membunuh kutu dan telurnya. Disinfektan yang sangat kuat ini sudah terbukti aman untuk digunakan menghilangkan kutu di kulit kepala.

Caranya, cukup tuang cairan alkohol di telapak tangan, kemudian gosokkan pada rambut. Lalu diamkan selama beberapa saat. Kemudian setelah itu beri tambahan kondisioner pada kulit kepala. Pergunakan sisir panjang yang bergigi agar kutu di rambut Anda bisa ikut. Sesudah itu, bilaslah rambut dengan air bersih. Ulangi proses perawatan ini selama seminggu sekali dalam 2 bulan.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan telur kutu alami yang bisa Anda coba di rumah. Selain mudah penggunaannya, bahan yang dibutuhkan mudah untuk didapat. Selamat mencoba tips diatas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.