Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengobati Gigitan Tomcat Secara Tradisional Dan Mujarab

cara mengobati gigitan tomcatTomcat merupakan jenis serangga yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Di berbagai daerah nama tomcat lebih dinenal dengan semut kayap, kumbang “rove”, semut semai, Charlie dan Bahasa lainnya. Serangga ini cukup popular di Indonesia pada pertengahan 2012 lalu, karena gigitannya yang menyebabkan penyakit kulit. Berbicara mengenai tomcat, apakah Anda tahu binatang tomcat itu bentuknya seperti apa ? berikut ciri – cirinya.

  • Warna kulit belang orange dan hitam, memiliki tubuh ramping dengan bagian ujung badan yang runcing. Bila dilihat sekilas, penampakannya cukup indah untuk dilihat dengan perpaduan warna kulitnya yang mencolok
  • Biasanya tomcat hidup di rawa – rawa, hutan bakau atau pepohonan. Tamcat juga sangat gemat berlama – lama di tempat yang kotor serta terang benderang.
  • Tomcat memiliki racun. Yang penyebarannya masih bisa ditangani karena cukup lambat
  • Tomcat akan mengeluarkan cairan ketika mengigit kulit manusia. Ketika kulit bersentuhan dengan kulit ini menyebabkan kulit lebab bahkan dapat melepuh.

Gejala yang timbul ketika digigit tomcat

Biasanya tomcat akan memberikan efek rasa sakit ketika menggigit kulit Anda. Dengan racun yang berasal dari tubuhnya kulit akan melepuh atau lebam sehingga menyebabkan rasa sakit terseut. Selain itu ada beberapa gejala lainnya sebagai berikut

  • Kulit merah. Kulit yang tergigit tomcat segera memberikan reaksi perubahan warna menjadi kemerahan. Bila dilihat sekilas warnanya mirip dengan alergi kulit di bagian tertentu yang merata
  • Efek gatal. Layaknya gigitan serangga lainnya, gigitan tomcat pun memiliki efek yang sama, yakni menimbulkan rasa gatal. Namun porsinya lebih besar, rasa gatalnya cukup hebat.
  • Iritasi kulit, lebam, hingga rasa terbakar dan perih akan Anda rasakan akibat dari racun paderin yang ditempelkan oleh tomcat
  • Dalam kasus gigitan tomcat yang tidak ditangani dengan segera. Kulit akan melepuh dan menimbulkan nanah. Kondisi ini sama seperti ketika kulit terkena luka bakar ringan.

Inilah Cara Mengobati Gigitan Tomcat Yang Ampuh

Ketika Anda terkena gigitan serangga yang satu ini, meskipun nyatanya memiliki racun namun masih bisa ditangani dengan segera. Berikut beberapa cara mengobati gigitan tomcat yang dapat Anda lakukan segera.

1. Jauhkan tomcat dari tubuh

Ketika tubuh dihinggapi oleh tomcat segera mungkin bawa alat perantara untuk menjatuhkan atau menyingkirkan serangga yang satu ini dari kulit Anda. Perlu diingat untuk tidak melakukan kontak fisik langsung dengan tomcat, mengingat luka melepuh serta lebam yang diakibatkan olehnya.

2. Stop garuk bekas gigitan tomcat

cara mengobati gigitan tomcat dengan stop menggaruk

Bekas gigitan tomcat memang terasa sangat gatal, sama halnya ketika kita digigit oleh serangga lainnya. Namun untuk mencegah penyebarab kuman serta racun yang tomcat tempelkan pada bekas luka, hindari menggaruk bagian gatal pada bekas luka. Segera lakukan tindakan pengobatan. Menggaruk bagian yang gatal meskipun secara perlahan akan membuat kulit melepuh, serta lepuhan yang disebabkannya menjadi lebih menyebar luas seperti penyakt kulit kurap yang menyebar ketika Anda menggaruknya.

3. Cuci kulit dengan sabun

Sabun dapat digunakan untuk menetralisir efek racun yang ditimbulkan oleh gigitan tomcat ke tubuh Anda. Jangan gunakan sabun seperti ketika mencuci tangan atau kulit yang kotor dengan menggosok – gosokannya. Cukup tempelkan atau oleskan sabun pada area gigitan tomcat kemudian tunggu hingga sabun kering baru dibilas dengan mengusapnya perlahan. Ini dilakukan demi meminimalisir penyebaran.

4. Pakai salep

 

cara mengobati gigitan tomcat dengan memakai salep

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat gigitan tomcat cara mengobati gigitan tomcat yang bisa Anda lakukan ialah mengaplikasikan salep antiseptic khusus ke kulit Anda. Gunakan salep khusus untuk mengobati gigitan serangga seperti contohnya hydrocortisone 1%, Antibiotik Neomycin Sulfat, Betametasone dan Acyclovir 5%. Jangan gunakan balsam, ini hanya akan membuat luka lebab atau lepuhan semakin membesar.

5. Pakai tanah liat

Tanah liat memiliki kandungan antibiotic yang diyakini dapat meredakan racun paderin yang ada di kulit Anda. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengambil bagian kecil tanah liat, tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti krim. Oleskan krim tanah liat ke area kulit yang digigit tomcat. Diamkan hingga tanah liat mongering. Bilas dengan menggunakan air mengalir. Gunakan krim tanah liat ini dengan rutin untuk menghilangkan rasa nyerinya.

6. Garam dan minyak goreng

cara mengobati gigitan tomcat dengan garam dan minyak goreng

Kandungan natrium dalam garam dapat membantu keseimbangan cairan tubuh manusia. Selain itu garam diyakini bermanfaat untuk membasmi kuman. Karena itulah garam memiliki antiseptic yang memiliki fungsi mematikan penyakit yang disebabkan oleh bakteri serta jamur.

7. Buat salep sendiri

Anda bisa membuat salep sendiri untuk mengantisipasi gigitan nyamuk ataupun tomcat. Pastikan bahan – bahan yang dihunakan untuk membuatnya sangat halus, sehinggga dapat bertahan di tempat atau bekas gigitan serangga. Salepnya dpat Anda buat dengan menggunakan bahan – bahan berikut ini :
Aspirin atau garam, ambil secukupnya campur dengan air sedikit hingga tampak seperti krim yang lembut.

  • Campuran alcohol dan aspirin
  • Baking soda, tambahkan air sedikit agar tidak terlalu encer
  • Daging lunak. Tumbuk daging hingga halus, tambahkan air secukupnya hingga berbentuk krim

8. Buat Racikan Herbal

cara mengobati gigitan tomcat dengan buat racikan herbal

Selain cara – cara yang disebutkan diatas ada satu lagi cara mengobati gigitan tomcat yakni menggunakan tanaman herbal yang mampu meredakan efek dari cairan tomcat. Berikut langkah – langkah yang dapat dilakukan

Bahan yang dibutuhkan :

  • Satu kepal jahe Rimang Bengle
  • 10 Lembar daun sirih hijau
  • Minyak telon secukupnya

Cara Membuat Racikan Herbal :

  • Cuci bersih jahe Rimang Bengle dan daun sirih hingga bersih menggunakan air mengalir
  • Parut semua bengle dan daun siri yang sudah di cuci
  • Tuangkan beberapa tetes minyak telon
  • Campur hingga merata
  • Racikan siap digunakan

Racikan herbal ini bisa Anda gunakan langsung ke bagian kulit yang digigit oleh tomcat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa membalut bagian luka beserta ramuannya menggunakan perban. Ganti perban dan racikan herbalnya ketika sudah mengeringa.

Tips Menghindari Diri Dari Gigitan Tomcat

Waspada serangan tomcat ketika rumah Anda berada di area atau dekat dengan rawa – rawa, sawah atau banyak pepohonan. Bila mendapati tomcat menempel di kulit tubuh Anda, ambil perantara untuk menyingkitkannya. Jangan sampai cairan tomcat menempel di kulit. Ini merupakan masalah utama kulit.

  • Jauhkan tomcat dengan perantara jangan menggunakan tangan, atau bagian kulit lainnya dan meniupnya.
  • Jangan menggosok mata atau area kulit lainnya ketika Anda sudah terlanjur bersentuhan dengan tomcat. Segera cuci area yang bersentuhan dengan air mengalir
  • Tutup pintu rumah selalu, jangan lupa untuk pasang kasa nyamuk di jendela rumah untuk mencegah tomcat masuk
  • Biasakan semprot rumah menggunakan insektisida, upayakan agar terkena langsung pada tomcat atau serangga
  • Rajin rawat lingkungan rumah agar tetap bersih. Agar tidak dijadikan tempat bersarang untuk tomcat.

Gigitan tomcat memang cukup berbaghaya dengan cairan yang ia tempelkan pada kulit Anda. Untuk itu cegah segala sesuatu sebelum menyerang. Jaga kebersihan area rumah dan lingkungan halaman sekitar. Pastikan tidak ada celah tempat kotor untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong tomcat. Semoga ulasan cara mengobati gigitan tomcat diatas dapat bermanfaat.

Kandungan cairan racun yang ditempelkan tomcat sangat berbahaya bagi kulit manusia. Akibatnya bisa fatal bila dibirkan begitu saja, mulai dari gatal hebat hingga kulit melepuh. Anda Perlu cara mengobati gigitan tomcat khusus agar Anda bisa menghindari efeknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.