Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat Dan Alamiah

cara menurunkan tekanan darah tinggiDarah tinggi sepertinya menjadi kondisi yang menakutkan bagi banyak orang. Pasalnya, tekanan darah tinggi yang naik tidak terkontrol tersebut bisa memicu berbagai jenis penyakit mematikan seperti stroke, serangan jantung dan beragam penyakit berbahaya lainnya. Tekanan darah tinggi yang naik ini bisa disebabkan karena pola hidup, pola makan, hingga tingkat stres yang tinggi. Oleh sebab itu, bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi sebaiknya memperbaiki gaya hidup dan pola makan agar terhindar dari risiko timbulnya penyakit akibat tekanan darah yang meningkat.

Inilah Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Efektif

Menurunkan tekanan darah yang tinggi tidak selalu dilakukan dengan mengonsumsi obat saja, anda juga bisa mengurangi porsi asupan garam pada makanan untuk mengurangi risiko darah tinggi lebih akut. Selain langkah tersebut, ada banyak cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis bahan alami seperti berikut ini. Mari simak!

1. Menggunakan Rempah Dalam Masakan

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan hasil alam berupa rempah-rempah berkhasiat. Rempah yang tersedia di tanah air, sebagian besar memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat bisa memanfaatkan rempah pilihan untuk digunakan dalam aneka jenis masakan. Namun, sebaiknya konsumsi rempah dan masakan ini adalah yang diolah dengan cara direbus bukan digoreng menggunakan minyak.

Rempah kunyit, jahe, kencur, kayu manis, bawang putih, lada dan masih banyak jenis rempah dengan aroma kuat yang ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hindari juga penggunaan penyedap pada masakan yang justru akan memengaruhi tekanan darah anda.

2. Yoghurt

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan yoghurt

Yoghurt tidak hanya disarankan bagi kesehatan pencernaan. Yoghurt memiliki kandungan protein dan probiotik yang berkhasiat menjaga keseimbangan tekanan darah. Cara menurunkan darah tinggi dengan yoghurt adalah mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari dengan kisaran 100-150 ml. Direkomendasikan untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi yoghurt dengan greek yoghurt atau tanpa rasa karena kandungan lemak dalam yoghurt ini sangat kecil.

3. Buah Bit

Buah bit saat ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit berbahaya termasuk meningkatnya tekanan darah. Kandungan nitrat pada buah bit berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat. Saat anda mengonsumsi buah bit secara rutin sebelum olahraga, maka ketahanan tubuh juga akan meningkat.

4. Konsumsi Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, sarden dan sejenisnya mengandung lemak omega 3 yang penting untuk mengurangi efek peradangan. Jenis asam lemak omega 3 pada ikan juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena terbukti bisa melebarkan pembulu darah.

5. Berolah raga Berat

Melakukan olahraga yang cukup berat ternyata bisa menjadi cara menurunkan tekanan darah tinggi. Biasanya cara ini efektif dilakukan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau penumpukan lemak di bagian tertentu terutama perut. Dibandingkan dengan treadmill, latihan angkat beban lebih direkomendasikan agar anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi lebih cepat.

6. Yoga

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan yoga

Selain olahraga berat, olahraga ringan seperti yoga juga disarankan untuk anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang meningkat biasanya juga disebabkan karena tingkat stres yang tinggi, sehingga merelaksasi pikiran dengan yoga bisa menjadi solusi untuk anda.

7. Cokelat Hitam

Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam sebagai langkah mengatasi tekanan darah tinggi. Pada cokelat hitam terkandung flavonoid yang merupakan antioksidan alami dan lebih berkhasiat dua kali lipat dibandingkan dengan mengonsumsi susu. Pilih kandungan cocoa yang tidak lebih dari 60% untuk hasil yang tepat menurunkan darah tinggi.

8. Kentang

Jenis umbi yang disarankan untuk penderita hipertensi adalah kentang yang mengandung potassium dan magnesium dalam kadar yang tinggi. Kedua kandungan penting pada kentang tersebut berfungsi untuk menurunkan darah tinggi lebih cepat. Konsumsi kentang rebus setiap harinya untuk membantu tekanan darah menjadi normal kembali.

9. Alpukat

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alpukat

Beberapa kandungan dalam buah alpukat seperti vitamin E, serat, kalsium dan lemak sehat terbukti efektif untuk membantu tekanan darah menjadi normal. Alpukat bisa dikonsumsi setiap harinya dalam bentuk minuman jus atau salad untuk membuat anda tidak bosan.

10. Semangka

Semangka diperkaya dengan likopen, kalium, serat, asam amino (L-Citrulline) yang tidak hanya bermanfaat menjaga sistem metabolisme tubuh tetapi juga sebagai penurun tekanan darah tinggi. Kandungan asam amino L-Citrulline tersebut bisa membantu sirkulasi darah agar lebih lancar dan menormalkan kembali tekanan darah.

11. Pisang

Selain semangka dan alpukat, buah yang tidak kalah penting untuk penderita hipertensi adalah pisang. Pisang diketahui mengandung serat, kalium, kalsium, potassium dan magnesium yang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pisang adalah makanan penurun darah tinggi yang efektif dan menyenangkan.

12. Mentimun

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang sudah terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mentimun mengandung potassium yang berfungsi untuk mengembalikan tekanan darah agar normal kembali. Anda pun bisa mengonsumsi mentimun secara langsung dan setiap saat untuk membantu melebarkan pembuluh darah.

13. Batasi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji yang tersedia di luar merupakan makanan dengan kandungan sodium yang sangat tinggi. Penyebab hipertensi umumnya adalah terlalu banyak mengonsumsi MSG yang memang tidak dianjurkan bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, bila anda ingin terbebas dari tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi asupan makanan cepat saji dan beralih mengonsumsi makanan sehat dirumah.

14. Konsumsi Kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi dengan rutin bagi penderita darah tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anda bisa mengonsumsi kacang kedelai yang direbus atau menjadikannya minuman terlebih dulu. Hindari pengolahan makanan yang digoreng untuk sementara waktu selama anda menjalani masa menurunkan tekanan darah tinggi.

15. Olahan Gandum

Berbagai olahan yang terbuat dari gandum merupakan camilan yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Oatmeal, roti gandum, susu gandum dan berbagai jenis lainnya mengandung serat yang alami untuk membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya normal kembali.

Sebagai langkah yang disarankan pada penderita hipertensi adalah mengurangi kebiasaan buruk yang bisa memicu tekanan darah tinggi, misalnya konsumsi makanan sodium tinggi, merokok, stres, pola istirahat yang kurang, serta tidak berolahraga dengan rutin. Beberapa kebiasaan tersebut bisa memicu beberapa penyakit berbahaya yang dimulai dengan naiknya tekanan darah.

Itulah beberapa langkah yang efektif untuk bisa dicoba di rumah sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu dan menjaga pola makan saja, tekanan darah tinggi juga bisa tetap stabil bila anda menambahkan pola hidup sehat didalamnya. Kelola stres dan cukupi nutrisi harian anda untuk menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh berjalan lancar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.