Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Larangan Saat Haid Menurut Kesehatan Medis Yang Tidak Diperbolehkan

larangan saat haidSaat haid, tubuh seorang wanita akan menjadi rentan terhadap penyakit. Hal ini karena terjadinya perubahan hormon dan penurunan sistem imun tubuh selama siklus berlangsung. Perubahan hormon ini juga memengaruhi naik turunnya emosi seorang perempuan. Normalnya, perempuan mengalami haid selama 5-8 hari. Namun, setiap wanita mengalami siklus haid yang berbeda-beda.

Saat haid, tubuh mengalami penurunan sistem imun sehingga akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Gangguan ini berlangsung selama masa haid dan akan berhenti setelah masa haid selesai. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan selama masa haid berlangsung.

Ini Dia Larangan Saat Haid

Selama masa haid, terdapat beberapa larangan yang secara medis tidak dianjurkan dilakukan karena dapat membuat kesehatan menjadi terganggu. Berikut ini merupakan larangan saat haid yang harus Anda hindari:

1. Beraktivitas Fisik Terlalu Berat

larangan saat haid yaitu beraktifitas fisik terlalu berat

Ketika masa haid, tubuh akan menjadi lebih rentan lelah daripada biasanya. Saat haid, pembuluh darah akan terbuka sehingga ini menyebabkan tubuh menjadi cepat merasa lelah ketika melakukan aktivitas fisik yang berat. Ini bisa berakibat pada pusing, mual, bahkan pingsan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Perbanyak istirahat dan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

2. Tidak Membersihkan Diri

Selama masa haid, wanita dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan diri termasuk keramas, memotong kuku, dan membersihkan area vagina. Jika tidak, maka tubuh akan terserang kuman dan bakteri jahat sehingga dapat menjadi rentan penyakit. Apalagi ketika haid sistem imun menjadi turun sehingga penyakit akan mudah menyerang. Oleh karena itu, tetap jagalah kebersihan diri Anda.

3. Berhubungan Seksual

Secara medis, aktivitas seksual saat haid tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan. Ketika haid, organ reproduksi wanita mengalami peluruhan jaringan sehingga tidak steril. Hal ini akan memicu terjadinya infeksi organ reproduksi yang disebabkan oleh kuman dan bakteri jahat.

Bahkan pada kondisi terburuk, dapat menyebabkan kematian mendadak. Hal ini disebabkan karena pada saat haid, pembuluh darah sedang terbuka sehingga dapat memicu masuknya udara ke pembuluh darah. Masuknya udara ke pembuluh darah dapat menyumbat peredaran darah ke jantung sehingga dapat menyebabkan risiko serangan jantung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari berhubungan seksual saat sedang mengalami haid.

4. Mengkonsumsi Kafein

larangan saat haid yaitu mengkonsumsi kafein

Pada saat haid, wanita biasanya akan mengalami masalah pencernaan dan perut kembung. Pada masa ini, mengkonsumsi kafein tidak dianjurkan karena perut menjadi lebih sensitif daripada biasanya. Mengkonsumsi kafein saat haid hanya akan membuat perut menjadi tidak nyaman dan sakit. Pada kondisi terburuk, bisa mengalami kram perut. Maka dari itu, sebaiknya hindari kafein dan perbanyaklah minum air putih.

5. Makan Makanan Tidak Sehat

Saat haid, tubuh mengalami penurunan sistem imun sehingga akan mudah mengalami kelelahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari makan makanan yang tidak sehat, seperti gorengan atau fast food yang sangat tidak sehat. Makanan yang tidak sehat bisa membawa masalah serius pada kesehatan tubuh Anda. Solusi terbaiknya yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang bernutrisi agar tubuh tetap segar dan bugar selama masa haid.

6. Malas Mengganti Pembalut

larangan saat haid yaitu malas mengganti pembalut

Jangan malas mengganti pembalut Anda ketika haid. Pembalut bisa menjadi sarang kuman jika tidak sering-sering diganti. Selain itu, penggunaan pembalut yang terlalu lama dapat menyebabkan lembabnya vagina. Hal ini dapat menyebabkan risiko terkena iritasi kulit dan gangguan organ reproduksi. Oleh sebab itu, sebaiknya gantilah pembalut Anda maksimal setiap 4 jam sekali. Jangan sampai menggunakan satu pembalut untuk seharian.

7. Kurang Minum Air Putih

Saat haid, tubuh akan kekurangan cairan meskipun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Wanita akan merasa lebih haus daripada biasanya. Jangan sampai Anda mengabaikan kondisi ini karena bisa berakibat buruk pada kesehatan. Tubuh memerlukan air putih jauh lebih banyak dari biasanya untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Oleh karena itu, minumlah air putih sesering mungkin agar terhindar dari masalah dehidrasi.

8. Mengkonsumsi Makanan Asin

Garam yang terdapat pada makanan asin memiliki kadar yodium tinggi yang tidak baik dikonsumsi saat haid. Makanan tinggi yodium tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan kembung pada perut. Batasi konsumsi makanan tinggi garam saat haid dan berbanyak makan buah-buahan dan sayuran sehat agar terhindar dari perut mual dan kembung.

9. Konsumsi Minuman Bersoda Berlebihan

larangan saat haid yaitu mengkonsumsi minuman bersoda berlebihan

Mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa soda ternyata mengandung kafein. Kandungan kafein dalam minuman bersoda berbeda-beda, tergantung dari brandnya. Namun umumnya adalah sekitar 21-41 gram dalam satu kaleng/botolnya. Minuman bersoda dapat menyebabkan peningkatan nyeri pada haid. Selain itu, juga dapat meningkatkan tekanan darah dan jantung. Oleh karena itu, demi masalah kesehatan, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman bersoda pada saat haid.

10. Tidak Membersihkan Organ Intim

Kebersihan organ intim harus tetap dijaga, dalam keadaan haid ataupun tidak. Namun pada masa haid, kebersihan organ intim harus lebih diperhatikan lagi. Hal ini karena saat haid, organ intim mengeluarkan darah kotor. Jika tidak dibersihkan sering-sering, maka akan jadi sarang kuman dan bakteri jahat. Membersihkan organ intim juga harus benar, dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya karena kuman dari anus bisa terbawa ke vagina.

11. Tidak Berolahraga

Saat haid, tubuh memang jadi lebih lelah dari biasanya sehingga tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik. Meskipun begitu, bukan berarti lantas tidak beraktivitas fisik atau melakukan olahraga sama sekali. Olahraga tetap dianjurkan untuk peregangan otot agar mengurangi nyeri haid. Namun olahraga yang dianjurkan adalah olahraga ringan yang tidak tidak terlalu menguras energi. Anda bisa melakukan yoga, senam, dan jalan santai. Pastikan olahraga Anda tidak berlebihan agar tidak mengalami dehidrasi. Olahraga berlebihan ketika haid bisa menyebabkan pusing dan mual pada perut.

12. Bergadang

Larangan saat haid yang terakhir adalah begadang. Bergadang merupakan kebiasaan buruk yang tidak dianjurkan, khususnya saat menstruasi. Bergadang saat menstruasi dapat menurunkan sistem imun. Tubuh membutuhkan tidur yang cukup untuk memulihkan sistem metabolisme tubuh yang sangat diperlukan ketika haid. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membuat mood jadi lebih baik sehingga mengurangi risiko adanya mood swing.

Nah, itulah beberapa larangan saat haid yang harus Anda hindari ketika haid. Larangan-larangan ini dilihat dari dampaknya yang tidak baik bagi kesehatan. Ketika haid, sebaiknya perbanyak istirahat dan makan makanan yang bergizi. Hindari makan makanan yang tidak sehat serta aktivitas fisik yang terlalu berat. Selain itu, tetap menjaga kebersihan tubuh dan organ intim saat haid juga sangatlah dianjurkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.