Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

14 Makanan Penambah Stamina Tubuh Paling Ampuh Dan Menyehatkan

makanan penambah staminaMemiliki tubuh yang segar bugar tentu keinginan semua orang. Stamina tubuh yang baik didapatkan dari pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan kaya gizi lalu diikuti dengan olahraga secara teratur. Dengan mengikuti pola dan gaya hidup sehat, maka tubuh tidak akan mudah lelah walaupun menjalani aktivitas yang sibuk sepanjang hari.

Mendapatkan stamina tubuh yang sehat dan kuat bisa melalui dua cara, yaitu cara instan dan cara alami. Cara instan yaitu dengan mengkonsumsi suplemen yang kini bisa mudah didapatkan di apotek atau bahkan supermarket di sekitar tempat tinggal. Sedangkan cara alami, yaitu dengan mengkonsumi langsung dari sumber penghasil stamina, yaitu buah-buahan, sayur-sayuran, daging hewan, maupun ikan.

Makanan Penambah Stamina

Berikut ini adalah 14 daftar makanan penambah stamina tubuh yang terdiri dari sumber nabati dan hewani. Makanan-makanan ini dipercaya kaya akan gizi sehingga membuat tubuh menjadi segar bugar tanpa mudah merasa lelah.

1. Gandum (Oatmeal)

Makanan yang mengandung gandum, seperti oatmeal dan roti tawar merupakan makanan yang memiliki kandungan kabrohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum, akan menimbulkan rasa kenyang dalam jangka panjang sehingga menambah stamina dalam beraktifitas seharian.

2. Selai Kacang

makanan penambah stamina yaitu selai kacang

Olahan selai kacang memiliki kandungan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks yang dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Tidak hanya membuat kenyang lebih lama, olahan selai kacang juga meningkatkan stamina tubuh secara cepat sehingga cocok dikonsumsi saat memiliki segudang aktivitas.

3. Nasi Merah

Nasi merah memiliki serat yang tinggi dan mengandung kabrohidrat kompleks sehingga memunculkan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi putih. Kandungan pati di dalam nasi merah dicerna secara lambat oleh usus sehingga tubuh menjadi lebih berenergi dan tidak cepat lelah.

4. Daging Merah

Daging merahmemiliki kandungan nutrisi yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Daging merah yang baik bagi stamina didapat dari daging kambing dan sapi. Kandungan proteinnya sangat tinggi yang menjadikan tubuh jadi lebih berstamina dan energik ketika beraktivitas. Tidak hanya untuk stamina, daging merah juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung.

5. Ikan Segar

makanan penambah stamina dengan ikan segar

Makanan penambah stamina juga bisa ditemukan pada ikan. Ikan memiliki kandungan kaya protein, mineral, vitamin, dan asam omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi ikan segar seperti ikan salmon, tuna, makarel, dan lain-lainnya akan menambah asupan gizi yang berguna bagi stamina tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin akan membawa dampak yang baik tidak hanya untuk stamina, tetapi juga memelihara jantung, memaksimalkan fungsi otak, dan sistem saraf.

6. Daging Ayam

Ayam merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Daging ayam memiliki kandungan penting untuk membentuk massa otot serta meningkatkan stamina tubuh. Dengan mengkonsumsi daging ayam, khususnya bagian dada, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan juga berenergi. Daging ayam tidak hanya baik untuk pembentukan massa otot dan stamina, namun juga baik untuk sistem imun, kesehatan tulang, dan dapat melepaskan stress.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi hijau, dan lain-lain memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran hijau yaitu serat, vitamin C, dan antioksidan. Serat memiliki manfaat membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Vitamin C memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh saat beraktivitas. Sedangkan antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan-kerusakan sel tubuh.

8. Telur Ayam

makanan penambah stamina dengan telur ayam

Meskipun mengandung tinggi kolesterol, telur ayam memiliki kandungan protein, mineral dan antioksidan yang ditubuhkan oleh tubuh. Telur ayam yang baik di konsumsi adalah telur ayam kampung karena biasanya tidak mengalami proses penyuntikan hormon. Jika Anda memiliki aktivitas harian yang sibuk, maka jangan sampai ketinggalan untuk mengkonsumsi telur rebus, terutama bagian kuning telurnya yang sangat kaya akan protein.

9. Almond

Almond memiliki kandungan kaya vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Sedangkan kandungan asam omega 3 dalam almond merupakan sumber energi yang dibutuhkan dalam meningkatkan stamina tubuh. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dalam almond juga memiliki manfaat untuk menutrisi otak, menyehatkan jantung, meningkatkan kekuatan tulang, serta menjadikan tubuh jadi lebih kuat dan berenergi.

10. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan yang kaya vitamin C dan serat sehingga menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan nutrisi dalam jeruk juga baik untuk proses detoksifikasi dan menjaga sistem imun sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga dan tidak mudah sakit. Konsumsi jeruk yang cukup setiap hari sangat disarankan, baik itu dalam bentuk buah atau jus, untuk menjaga stamina tubuh ketika beraktifitas.

11. Apel

makanan penambah stamina dengan apel

Buah apel, khususnya apel merah, memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan. Serat yang terkandung dalam buah apel dapat mudah larut sehingga memunculkan efek kenyang lebih lama. Mengkonsumsi apel yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, serta membuat aliran oksigen ke organ-organ tubuh menjadi lancar.

12. Pisang

Buah pisang biasanya dijadikan salah satu menu dalam diet untuk menurunkan badan. Mengkonsumsi pisang sering dijadikan sebagai pengganti nasi karena dapat memunculkan rasa kenyang. Pisang memiliki kandungan kaya potassium, fruktosa, karbohidrat, dan serat sehingga dapat meningkatkan stamina dan energi. Mongkonsumsi buah pisang dipercaya memiliki efek yang serupa dengan ketika mengkonsumsi minuman berenergi. Selain itu, mengkonsumsi pisang juga dapat membuat lebih fokus ketika beraktivitas.

13. Anggur Merah

Buah anggur, khususnya anggur merah, memiliki kandungan kaya serat dan vitamin C. Anggur merah juga memiliki kandungan gula alami yang dapat diubah menjadi energi tanpa menimbulkan risiko buruk bagi kesehatan. Selain itu, kandungan resveratrol dalam buah anggur merah juga membuat tubuh berstamina lebih lama. Kandungan vitamin C dan serat dalam anggur juga membuat perut kenyang lebih lama dan jadi berenergi.

14. Susu

Susu memiliki kandungan protein dan nutrisi yang baik bagi stamina. Dalam hal ini, susu murni merupakan yang paling baik kandungannya. Susu olahan kurang baik dikonsumsi karena sudah ditambah dengan bahan-bahan lainnya, seperti gula yang kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Susu juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang.

Itulah tadi beberapa jenis makanan penambah stamina tubuh agar tidak gampang merasa lelah ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Mengkonsumi makanan bergizi cukup akan membuat tubuh terasa bugar dan sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Selain mengkonsumsi makanan kaya gizi, imbangi juga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan olahraga yang teratur minal 1 kali dalam seminggu. Dengan memiliki stamina tubuh yang baik, maka aktivitas harian Anda akan berjalan dengan lancar. Anda juga menjadi lebih bersemangat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.