Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

9 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Penting

makanan sehat untuk ibu hamil
Ketika sedang hamil atau mengandung, sebenarnya Anda tidak disarankan untuk makan terlalu banyak dengan anggapan memenuhi nutrisi untuk 2 orang. Anda hanya cukup mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dengan menambah sekitar 300 kalori saja. Yang terpenting ialah mencukupi kebutuhan nutrisinya dari berbagai jenis makanan yang berbeda-beda.

Contohnya makanan mengandung kalsium yang dapat membentu atau menguatkan tulang, protein yang berperan dalam pembentukan jaringan tubuh hingga asam folat yang mencegah terjadinya cacat bawaan.
Apa saja yang dbutuhkan ibu hamil agar Janin lebih sehat ?

  • Asam folat-mencegah anak lahir cacat
  • Serat-membantu pencernaan ibu hamil
  • Zat besi-menyalurkan ksigen ke janin
  • Protein-membangun strutur otak dan tubuh
  • Kalsium-untuk pertumbuhan gigi dan tulang
  • Omega 3-pertumbuhan syaraf dan organ
  • Magnesium-mengurangi resiko bayi lahir premature
  • Vitamin b6-membantu sistem syaraf sera otak janin
  • Kalium-menjaga keseimbangan cairan

Untuk memenuhi atau mendapatkan nutrisi yang disebutkan diatas. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang disebutkan sebelumnya.

Ini Dia Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Apa saja jenis makanan yang dapat dikonsumsi ibu hamil ? makanan apa saja yang dapat membantu tumbuh kembang janin yang baik ? berikut beberapa diantaranya.

1. Jeruk

makanan sehat untuk ibu hamil dengan jeruk

Buah yang satu ini sangat popular di kalangan ibu hamil. Perpaduan rasa asam dan manis dapat sangat bermanfaat untuk meredakan mual pada saat trismester pertama. Selain itu masih banyak manfaat kandungan jeruk yang baik untuk ibu hamil. Mulai dari kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan ibu hami, menjaga kesehatan otak bayi serta melindungi janin dari permasalahan akan kesehatan pernafasannya. Kandungan asam folat dalam jeruk diyakini dapat mendukung terbentuknya sel-sel darah merah serta pengembangan plasenta ibu hamil yang sehat, sehingga bayi akan lahir tanpa premature.

2. Air

Konsumsi air yang cukup akan mencegah bayi lahir homoroid, premature, konstipasi, infeksi kandung kemih hingga pembengkakan berlebih. Sangat disarakan untuk minum kurang lebih 2,5 liter setara dengan 10 gelas dalam satu hari. Cairan ini tidak hanya didapat dari air munum saja. Anda bisa mendapatkannya dari buah – buahan atau sayuran dengan kadar air yang tinggi. Contohnya jus atau susu, smengka dan lainnya. Namun ingat minuman dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan hingga hipertensi.

3. Kacang Almond

makanan sehat untuk ibu hamil dengan kacang almond

Almond akan sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil dengan catatan sudah diolah dengan cara yang benar. Almond memiliki ragam nutrisi dan vitamin yang sangat penting untuk kelangsungan masa kehamilan. Namun bila ibu hamil memiliki alergi pada kacang-kacangan sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Kandungan vitamin E, protein dan antioksidan sangat berguna untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil. Protein dalam kacang almond diyakini dapat memecahkan karbohidrat sehingga sangat baik untuk kebugat=ran dan kesehatan ibu hamil.

4. Telur

Telur merupakan sumber makanan yang sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu telur juga dapat diolah dengan mudah dan dengan beragam menu. Namun sangat tidak disarankan bila dikonsumsi setengah matang atau bahkan mentah. Kandungan protein dalam telur sangat baik untuk dijadikan sebagai sumber tenaga ibu hamil. Selain itu telur juga mengandung 12 vitamin serta mineral yang penting untuk pertumbuhan serta otak bayi.

5. Pepaya

makanan sehat untuk ibu hamil dengan pepaya

Buah pepaya adalah makanan sehat ibu hamil yang memiliki rasa manis dan menyegarkan sehingga tidak membuat ibu hamil merasa mual atau enek ketika mengkonsumsinya. Kandungan serat yang cukup tinggi dapat menjadi asupan energi yang baik untuk ibu hamil. Selain itu kandungan vitamin C dalam papaya bisa mencegah ibu hamil dari segala masalah. Namun ingat jangan konsumsi pada saat trismester pertama. Karena bukan menyehatkan, justru akan menyebabkan gangguan serta kerusakan pada janin.

6. Pisang

Pisang sangat diyakini dapat meredakan mual. Dengan rasanya yang manis tentu tidak akan membuat ibu hamil enek dan mual makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini banyak mengandung vitamin B6 sehingga sangat bermanfaat guna mengembangkan syaraf bayi, neurotransmitter hingga pembentukan sel darah merah untuk ibu hamil. Kalium yang ada di pisang akan baik untuk menjaga kaki Anda agar tidak bengkak yang umumnya terjadi pada saat trismester ketiga. Buah pisang juga dapat dikonsumsi untuk meredakan gangguan pencernaan selama masa kehamilan seperti kekurangan zat cair hingga diare.

7. Daging tanpa lemak, ikan

Kelompok makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga penting untuk pertumbuhan janin khususnya pada saat trismester kedua dan ketiga. Ikan kaya akan omega 3 seperti ikan salmon yang baik untu perkembangan jamin serta menjaga mood Anda.

Meskipun begitu sangat disarakan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 340 gram ikan salmon guna menghindari paparan merkuri dalam satu pekan. Sedangkan untuk daging tanpa lemak memiliki sumber protein dengan kualitas tinggi. Namun jangan makan olahan daging instan seperti sosis atau abon misalnya, yang kemungkinan mengandung parasite atau bakteri yang tidak kita ketahui.

8. Susu, yogurt

makanan sehat untuk ibu hamil dengan susu yoghurt

Susu serta produk olahan susu seperti yogurt sangat baik untuk menambah nutrisi kalsium dalam tubuh ibu hamil. Kalsium yang cukup tinggi di susu akan sangat membantu perkembangan dan pembentukan tulang pada bayi serta kesehatan tulang Anda.

9. Kacang Merah

Kacang merah dapat dijadikan sebagai sumber vitamin, protein dan mineral yang baik untuk menjaga organ tubuh Anda supaya tidak stress. Selain itu kacang meraj memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang rendah lemak sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalori yang cukup selama masa kehamilan. Anda bisa mengkonsumsi kacang merah ini dengan atau tanpa diolah.
Makanan yang harus dihindari saat masa kehamilan

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa makanan sehat untuk ibu hamil diatas. Tentu Anda juga harus mengetahui dan mencatatnya dengan baik apa saja makanan atau bahan makanan yang dilarang atau tidak diperbolehkan dikonsumsi selama masa kehamilan. Tidak sedikit ibu hamil yang takut ketika disajikan makanan-makanan karena khawatir dengan kesehatan janin.

  1. Mayonnaise, mengandung bahan telur mentah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil
  2. Telur setengah matang
  3. Sosis, nugget/ makanan instan lainnya
  4. Dagu=ing hotdog atau humburget, kecuali bila digoreng dengan matang sebelumnya
  5. Sushi
  6. Produk susu yang dipasteurisasi terlebih dahulu
  7. Seafood dengan kandungan merkuri tinggi, misalnya kerang, makarel, tuna
  8. Alcohol
  9. Kafein, maksimal konsumsi 2 cangkir saja dalam satu hari.

Hindari makanan yang tidak dimasak dengan matang. Makanan seperti ini akan mengakibatkan terinfeksinya janin oleh taksoplasma serta listeria bakteri. Akibatnya bayi akan cacat, premature bahkan hingga kematian di dalam Rahim. Pemilihan makanan sehat untuk ibu hamil harus dilakukan secara teliti. Anda bisa mencatat semua jenis makanan yang dapat dan tidak boleh Anda konsumsi pada setiap trismesternya.

Selain itu sangat disarankan untuk mengolah sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Semata-mata untuk menghindari makanan yang tidak higenis atau tercampurnya makanan dengan zat – zat lain yang berbahaya untuk janin ataupun ibu hamil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.