Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

17 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat Dan Ampuh

sayuran penurun kolesterol
Kolesterol merupakan zat yang terdapat di dalam darah yang dihasilkan oleh hati dan juga makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kolesterol memiliki fungsi sebagai penghasil hormon, vitamin D, dan juga sel-sel yang baik bagi tubuh, jika kadarnya sesuai. Namun jika kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka akan berakibat buruk bagi kesehatan. Kolesterol yang tinggi dapat menyumbat peredaran darah sehingga dapat berakibat vatal seperti terkena stroke dan serangan jantung, serta penyakit serius lainnya.

Ini Dia Jenis Sayuran Penurun Kolesterol

Menghindari makanan yang mengandung kolesterol memang tidak mudah mengingat hampir semua makanan yang kita konsumsi mengandung lemak jenuh yang berasal dari makanan yang digoreng. Namun, sebenarnya ada cara cepat dan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu dengan mengonsumsi sayuran penurun kolesterol berikut ini;

1. Labu Kuning

sayuran penurun kolesterol dengan labu kuning

Labu kuning memiliki kandungan beta karotine, nutrisi, dan juga vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, serat, serta kalium yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk menurun kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, labu kuning juga mengandung antioksidan sehingga mampu menurunkan kadar asam urat.

2. Sawi putih dan sawi hijau

Kedua jenis sawi ini sama-sama memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sawi hijau memiliki kandungan yang kaya akan asam amino, serat, fostor, folat, serta vitamin A dan K. Sedangkan sawi putih memiliki kandungan vitamin C dan serat yang membantu mencegah penyerapan kolesterol secara berlebihan.

3. Lobak

Sayur berwarna putih mirip wortel ini memiliki kandungan kaya potassium yang berfungsi untuk mencegah penyerapan kolesterol jahat berlebih dalam darah. Tidak hanya itu, lobak juga dikenal ampuh untuk menurunkan kadar asam urat yang dikeluarkan melalui urine.

4. Mentimun

Mentimun yang seringkali kita jumpai sebagai salah satu lalapan ini ternyata memiliki kandungan senyawa sterol yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Sayuran ini dapat mengembalikan kolesterol dalam darah ke kondisi normal.

5. Kangkung

sayuran penurun kolesterol dengan kangkung

Sayuran hijau ini sangat kaya serat sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyerapan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyempitan arteri dan tersumbatnya pembuluh darah.

6. Kubis

Sama seperti labu kuning dan sawi, kubis juga memiliki kandungan kaya serat yang sangat baik untuk mencegah penyerapan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat mengakibatkan penyempitan arteri. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi kubis terlalu sering atau seperlunya saja karena kandungannya yang tinggi serat akan memperberat kerja sistem pencernaan.

7. Kubis Merah

Sayuran penurun kolesterol berikutnya adalah kubis merah. Sama dengan kubis biasa, kubis merah memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, kubis merah juga kandungan antioksidan yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh serta mencegah munculnya radikal bebas.

8. Daun Asam

Seperti namanya, daun asam memiliki rasa asam yang segar. Terlepas dari rasanya, daun asam ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama bagi penderita kolesterol. Kandungan dalam daun asam dipercaya dapat mencegah penyempitan arteri dan penyumbatan darah yang disebabkan oleh kolesterol jahat. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara merebusnya kemudian meminum air hasil rebusan tersebut.

9. Rumput Laut

Rumput laut, baik dalam bentuk kering maupun basah, memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi rumput laut secara rutin sangat efektif dan juga sangat disarankan hingga kadar kolesterol berangsur-angsur turun.

10. Brokoli

sayuran penurun kolesterol yaitu brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi baik bagi tubuh. Kandungan serat, kromium, dan potasiumnya yang tinggi juga sangat ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi brokoli secara rutin juga baik untuk mencegah terkena penyakit asam urat.

11. Okra

Okra merupakan salah satu sayuran dengan kandungan kaya serat yang efektif menghambat penyerapan kolesterol jahat. Tidak hanya untuk mencegah dan menurunkan kolesterol jahat, kandungan mineral, antioksidan, dan vitamin yang terdapat dalam okra juga dapat menghindari risiko terkena kanker dan menyembuhkan konstipasi.

12. Terung

Kandungan serat tinggi dalam terung sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah secara cepat. Namun, kandungan seratnya yang tinggi ini tidak baik dikonsumsi oleh penderita gangguan pencernaan dan maag karena dapat memberatkan kerja system pencernaan tubuh kita.

13. Daun Sirih

Sudah sejak dulu daun sirih dikenal memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Dalam dunia kesehatan, daun sirih ternyata juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyebabkan risiko terkena serangan jantung dan juga stroke. Untuk dapat mengonsumsinya, ambil beberapa helai daun sirih lalu bersihkan. Siapkan dua gelas air lalu rebus hingga tersisa satu gelas. Diamkan air rebusan sirih tersebut sampai dingin. Setelah dingin, langsung segeralah diminum.

14. Buncis

sayuran penurun kolesterol dengan buncis

Buncis memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungannya yang rendah lemak mampu meningkatkan kolesterol baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam buncis juga baik bagi penderita penyakit diabetes. Konsumsi buncis secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif.

15. Wortel

Selain mengandung vitamin A tinggi yang baik bagi kesehatan mata, wortel ternyata juga banyak mengandung vitamin C, K, folat, serat, magnesium, dan nurtrisi lainnya. Kandungan kaya nutrisi dalam wortel ini ampuh menurunkan kadar kolesterol dan mencegah proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Untuk mengkonsumsinya, ambil beberapa potong wortel sesuai selera kemudian bersihkan kulitnya. Setelah itu diparut dan peras airnya. Air perasan wortel inilah yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat.

16. Bayam

Bayam memiliki kandungan luthein yang berfungsi sebagai penurun kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan serat tinggi yang juga dapat membantu untuk mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Anda bisa mengkonsumsi bayam dengan cara dimasak atau dijus sesuai dengan selera. Kedua cara ini sama-sama ampuh untuk menurunkan kolesterol. Namun bagi penderita asam urat, sebaiknya hindari mengkonsumi bayam karena memiliki kandungan purin sangat tinggi.

17. Seledri

Sayuran penurun kolesterol yang terakhir yaitu seledri. Seledri diyakini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi ini lah yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk mengkonsumsinya, potong dan cuci bersih batang seledri kemudian rebus bersama air sampai mendidih lalu dinginkan. Setelah dingin, saring air hasil dari rebusan batang seledri tersebut kemudian langsung diminum.

Kolesterol memang diperlukan oleh tubuh sebagaimana zat-zat penting lainnya. Namun jika mengonsumsi makanan tinggi kolesterol secara terus menerus tanpa diimbangi dengan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan penyaimbang, maka akan membawa masalah buruk bagi tubuh. Penuhi kebutuhan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah dan sayuran sehat, olahraga yang teratur minimal satu kali dalam seminggu, serta sebisa mungkin untuk menghindari stress.

Leave A Reply

Your email address will not be published.